Berbagai Bentuk Muka Bumi

ASTALOG.COM – Bumi yang berbentuk bulat ini memiliki bentuk permukaan yang tidak rata. Bentuk muka bumi itu ada yang berupa gunung, pegunungan, dan bukit. Adapula yang berupa lembah, dataran tinggi, dan dataran rendah. Keadaan itu tidak hanya di daratan. Di dasar laut pun terdapat lembah yang dalam (trog atau palung laut), lubuk laut, gunung laut, punggung laut, dan semacamnya. Perbedaan tinggi rendah permukaan bumi disebut relief.

A. Bentuk Muka Bumi di Daratan

Bentuk muka bumi daratan dapat kita lihat secara langsung. Bentuk permukaan bumi di daratan terbentuk sebagai akibat proses alam dari adanya tenaga endogen dan eksogen yang sangat banyak dan beraneka ragam. Berikut ini adalah bentuk muka bumi di daratan, antara lain:

1. Pegunungan

Pegunungan adalah daerah yang terdiri dari rangkaian gunung gunung yang memanjang seperti bentuk pematang raksasa dengan ketinggian 200 meter hingga ribuan meter di atas permukaan air laut. Pegunungan terjadi karena adanya proses lipatan dan patahan yang disebabkan oleh tenaga endogen. Berdasarkan ketinggiannya, pegunungan dapat dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Pegunungan tinggi, berketinggian lebih dari 1500m.
  2. Pegunungan menengah, berketinggian antara 500-1500m.
  3. Pegunungan rendah, berketinggian antara 200-300m.

2. Perbukitan

Perbukitan adalah bentuk muka bumi yangg tinggi memanjang dan terdiri atas bukit-bukit dengan ketinggian antara 20 – 300 meter. Perbukitan ini menyerupai pegunungan, hanya tingkat ketinggiannya lebih rendah atau di bawah pegunungan.

3. Gunung

Gunung adalah bentuk muka bumi yang menonjol tinggi ke atas seperti kerucut. Gunung ada yang berapi (aktif) dan ada pula yang mati (tidak aktif). Gunung terdiri atas 3 bagian, yaitu:

  1. Puncak gunung (bagian atas)
  2. Lereng gunung (bagian tengah)
  3. Kaki gunung (bagian bawah)

Salah satu bagian dari gunung adalah lereng. Berdasarkan kemiringannya, lereng gunung dapat dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Lereng landai (kemiringannya < 45°)
  2. Lereng curam (kemiringannya > 45°)
  3. Lereng tegak atau dinding (kemiringannya = 90°)

4. Dataran Tinggi (Plato)

Dataran tinggi adalah tanah datar yang tinggi dengan ketinggian ratusan sampai ribuan meter di atas permukaan air laut. Sedangkan daerah yang menonjol ke atas lebih tinggi dari daerah sekitarnya dan di puncaknya datar disebut plato. Plato bisa terletak atau terdapat di dataran tinggi bisa juga di dataran rendah.

5. Dataran Rendah

Dataran rendah adalah bagian dari permukaan bumi yang datar dan rendah dengan ketinggiannya 0 – 200 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah biasanya tanahnya subur dan merupakan pusat pemukiman penduduk.

6. Depresi Kontinental

Depresi kontinental adalah bagian tanah daratan yang memiliki ketinggian di bawah permukaan air laut. Depresi kontinental ini tidak ada di Indonesia, tetapi terdapat di negara lain, salah satunya d kota Amsterdam, Belanda yang dibangun di bawah permukaan air laut untuk dapat membendung teluk.

7. Lembah

Lembah adalah bentuk muka bumi yang cekung biasanya dikelilingi gunung atau pegunungan bisa juga berupa bagian tepi sungai. Lembah secara umum kita kenal sebagai bagian bawah atau kaki gunung atau bagian tepi sungai. Jika di daerah sungai, lembah adalah dataran di sekitar atau kanan kiri daerah aliran sungai.

B. Bentuk Muka Bumi di Dasar Laut

Bentuk muka bumi dasar laut tidak bisa kita lihat secara langsung, sebab tertutup air laut. Tetapi sebenarnya bentuk muka bumi di dasar laut tidak jauh berbeda dengan bentuk muka bumi di daratan, hanya istilahnya saja yang berbeda. Berikut ini adalah bentuk muka bumi di dasar laut, antara lain:

1. Dangkalan/Shelf/Paparan Benua

Dangkalan/shelf/paparan benua adalah laut dangkal yang luas dengan kedalaman kurang dari 200 meter dan merupakan kepanjangan dari benua atau daratan pulau.

2. Ambang Laut

Ambang laut adalah dasar laut dangkal yang memisahkan dua laut dalam.

3. Punggung Laut

Punggung laut adalah bukit di dasar laut yang tidak sampai menyembul ke permukaan laut. Punggung laut ini jika muncul di permukaan laut akan menjadi pulau.

4. Gunung Laut

Gunung laut adalah gunung yang muncul di permukaan laut dan kakinya berada di dasar laut.

5. Pulau Karang

Pulau karang adalah pulau yang terdiri atas batu karang baik sebagian atau seluruhnya. Batu karang terbentuk dari binatang karang yang telah mati dan bertumpuk tumpuk.

6. Lubuk Laut/Beken

Lubuk laut/beken adalah dasar laut yang berbentuk cekungan besar dan lebar serta dalam, bentuknya seperti baskom.

7. Palung Laut/Trog

Palung laut/trog adalah dasar laut yang dalam, sempit, curam dan memanjang, karena retakan di dasar laut. Palung laut ini merupakan bagian dasar laut yang paling dalam.