4 Penggolongan Hewan Menurut Jenis Makanannya

Apakah anda mengetahui bahwa dalam materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam / IPA tercantum sub – sub bab yang membahas tentang jenis – jenis makanan dan penggolongan hewan berdasarkan atas jenis – jenis makanannya tersebut?

Seperti yang diketahui bersama – sama, ada banyak sekali jenis – jenis hewan yang hidup di bumi ini. Agar tidak membingungkan guna melakukan penelitian dan mempelajari tentang hewan – hewan tersebut maka dilakukan beberapa cara guna mengelompokkan hewan – hewan bersangkutan yaitu dengan melihat jenis – jenis makanannya.

Bagi anda yang tinggal di daerah persawahan di desa – desa cobalah sekali waktu memperhatikan hewan – hewan yang berada di sekeliling anda. Ada kambing, kerbau, ayam, babi, itik atau bebek dan burung – burung liar.

Atau sekali waktu jalan – jalan ke kebun binatang maka anda akan menjumpai sekumpulan hewan seperti harimau, serigala, burung elang dan banyak lagi yang lainnya. Selanjutnya cobalah amati makanan mereka.

Hewan – hewan ini ternyata mempunyai jenis makanan yang berbeda – beda.  Meskipun demikian jenis makanan terhadap hewan – hewan bersangkutan secara garis besar digolongkan menjadi dua macam yaitu sebagai pemakan tanaman dan sebagai pemakan daging.

Banyak sekali dijumpai di sekitar anda tinggal sekelompok hewan yang memakan tanaman seperti rerumputan yaitu kerbau, kambing, kuda, sapi dan lain sebagainya.

PELAJARI:  Proses Pembentukan Sel Telur

Sedangkan burung – burung memakan biji – bijian seperti burung merpati atau menghisap nektar seperti burung kolibri.

Untuk hewan pemakan daging contohnya adalah harimau, serigala, buaya, kucing, anjing dan lain sebagainya. Dikenal juga sekelompok hewan yang memakan tanaman dan daging seperti ayam atau beberapa jenis burung peliharaan.

Pengelompokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Melihat dari jenis – jenis makanannya maka hewan – hewan tersebut di atas dapat digolongkan menjadi empat kelompok yaitu kelompok hewan omnivora, kelompok hewan herbivora, kelompok hewan karnivora, dan kelompok hewan insektivora.

Herbivora

Kelompok hewan ini merupakan kelompok hewan yang khusus hidup di dunia ini untuk memakan tetanaman saja yaitu bagian dari tumbuhan seperti daunnya, batang hingga ranting – ranting pohon menjadi salah satu makanan sebagai sumber energi.

Hewan jenis ini mempunyai ciri tersendiri yang sangat mudah untuk diidentifikasi dari bentuk dan susunan gigi yang mereka miliki. Gigi hewan kelompok ini cenderung berbentuk gigi geraham yang sangat rapat.

Gigi – gigi geraham bersangkutan berfungsi sebagai media atau alat untuk mengunyah dan melumatkan ragam makanan yang dimakan yaitu berupa tumbuhan.

Selain dari faktor gigi, kelompok hewan herbivora bisa dikenali dengan jelas dari sisi fisiologi terhadap sistem pencernaan mereka.

PELAJARI:  Kandungan Urin

Contohnya adalah kelompok hewan ruminansia adalah hewan – hewan yang mempunyai sistem pencernaan bersifat kompleks yang dilengkapi dengan beberapa bagian enzim pencernaan yang tajam mengubah selulosa dari rerumputan atau tetanaman menjadi glukosa yang akan diubah lagi sebagai sumber energi.

Adapun contoh dari hewan herbivora dalam hal ini dapat dengan mudah anda temui di lingkungan tempat tinggal seperti sapi, kerbau, kambing, rusa, gajah, dan lain sebagainya.

Karnivora  

Kelompok hewan ini merupakan sekumpulan hewan yang memakan daging setiap harinya. Secara otomatis hewan yang termasuk ke dalam kelompok ini akan menjadikan hewan – hewan lainnya sebagai makanan mereka.

Jika dilihat dalam rangkaian rantai makanan, hewan – hewan karnivora memiliki sifat sebagai predator atau pemangsa.

Adapun ciri – ciri khusus dari kelompok hewan ini adalah memiliki gigi – gigi taring yang tajam dan sangat kuat. Gigi – gigi taring inilah yang dimanfaatkan oleh hewan karnivora sebagai salah satu alat untuk merobek – robek atau mencabik – cabik daging mangsa yang diperoleh.

Adapun contoh dari hewan karnivora tersebut di atas sering anda jumpai di sekitar tempat tinggal adalah kucing, anjing, macan, serigala, singa, dan lain sebagainya.

PELAJARI:  Jenis-jenis Antibiotik

Omnivora

Yang dimaksud dengan hewan omnivora adalah sekelompok hewan pemakan daging dan tumbuhan secara sekaligus atau memakan segalanya dalam sebuah kesempatan.

Seperti halnya manusia adalah termasuk ke dalam kelompok omnivora sejati. Manusia dikenal sebagai kelompok pemakan daging – dagingan dan juga tetumbuhan sebagai sayuran atau salah satu bahan makanan mereka. Contoh lain yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah tikus, babi, luwak, monyet dan bekantan.

Yang membedakan kelompok ini dari kelompok lainnya adalah ciri spesifik yang ditonjolkan adalah terlihat dari struktur gigi yang terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham dalam jumlah lengkap / utuh.

Gigi – gigi seri memiliki bentuk pipih yang tersedia untuk memotong – motong makanannya sedangkan gigi taring bermanfaat untuk mencabik – cabik daging sebagai makanan mereka dan yang terakhir adalah gigi geraham berguna untuk mengunyah.

Insektivora

Kelompok hewan ini adalah sekumpulan hewan yang setiap hari kegiatannya adalah memangsa serangga. Hewan yang termasuk ke dalam kelompok ini memanfaatkan serangga sebagai makanan utama mereka antara lain yang dalam bentuk telur, ulat, kepompong dan imago atau serangga dewasa.

Hewan yang termasuk ke dalam kelompok ini tidak mempunyai ciri – ciri spesifik dimana beberapa contohnya adalah hewan kelas amfibi, pisces, aves dan reptil.