Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah anda mengetahui bahwa buah pepaya memiliki daging yang dapat dimakan ketika daging buah sudah matang ataupun ketika daging buah masih mentah bisa dimasak menjadi sayur.

Tanaman pepaya bisa juga dimanfaatkan daunnya yang berfungsi sebagai pelunak daging. Daun pepaya muda bisa dimakan begitu saja sebagai lalapan atau dijadikan sebagai pembungkus buntil (salah satu masakan khas dari Jawa).

Orang – orang Manado suka memanfaatkan bunga pepaya untuk dijadikan urap / sayuran yang biasa dimakan setelah dicampur dengan parutan kelapa dan beragam bumbu.

Getah dari batang pepaya diketahui banyak mengandung enzim papain yaitu semacam enzim protease yang ampuh buat melunakkan daging lalu mengubahnya menjadi konformasi zat – zat protein.

Saat ini papain sudah diproduksi secara massal sebagai komoditas dagang dengan beragam khasiat di dalamnya.

Nah untuk memanfaatkan papain ini dibutuhkan persiapan khusus yaitu getah pepaya sebagai bahan baku utama dan bahan penolong berupa air dan sulfit. Air di sini berfungsi untuk mengencerkan getah pepaya sedangkan sulfit bermanfaat sebagai pelarut dari bahan – bahan kimia.     

PELAJARI:  Nama Latin Minyak Zaitun Adalah?

Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Seperti penjelasan dari kami tersebut di atas menyatakan bahwa daging buah pepaya merupakan salah satu jenis buah – buahan tropis yang menyegarkan mampu memberikan banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan orang – orang yang mengonsumsinya.

Di bawah ini kami berikan beberapa manfaat buah pepaya guna menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh manusia.

1/Manfaat untuk menjaga kesehatan tulang

Di dalam daging buah pepaya mengandung banyak vitamin K adalah sebagai salah satu nutrisi penting guna menjaga kesehatan tulang.

Jika anda memiliki kondisi kekurangan asupan vitamin K maka akan beresiko anda mudah terserang penyakit tulang.

Dalam hal ini vitamin K memiliki fungsi meningkatkan dan mempermudah penyerapan kalsium guna memperkuat dan membangun kembali susunan tulang di dalam tubuh anda. 

PELAJARI:  Sinus Frontalis Adalah

2/ Mengurangi anda beresiko terserang penyakit kanker

Daging buah pepaya banyak mengandung antioksidan yang bagus buat menangkal radikal bebas sebagai salah satu penyebab munculnya penyakit kanker.

Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk banyak makan daging buah pepaya agar menurunkan resiko anda terkena sakit kanker.

Menurut penelitian menjelaskan bahwa antioksidan beta karoten yang terkandung di dalam buah pepaya ampuh memegang peranan penting dalam pencegahan kanker prostat pada kelompok laki – laki usia produktif.

3/ Mencegah anda terserang penyakit jantung

Dalam daging buah pepaya banyak mengandung serat, potasium (kalium) dan vitamin yang berguna untuk mencegah anda terserang penyakit jantung.

Bisa dimanfaatkan sebagai media diet terutama kandungan kalium dan sodium di dalamnya bagus untuk menurunkan resiko terserang penyakit kardiovaskular yaitu penyakit yang berhubungan dengan masalah jantung dan pembuluh darah.

PELAJARI:  Organ Reproduksi Pada Pria Yang Berfungsi Menghasilkan Sel Sperma Adalah?

 4/ Membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat

Daging buah pepaya dikenal sebagai salah satu buah meja yang banyak mengandung enzim disebut papain.

Papain dapat melunakkan daging yang anda makan setiap hari sehingga bagus untuk pencernaan di dalam perut.

Daging buah pepaya juga banyak mengandung air dan serat tinggi guna mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan terhadap saluran pencernaan. 

5/ Membantu menjaga kesehatan mata

Dalam daging buah pepaya banyak mengandung zat bernama zeaxanthin merupakan senyawa yang ampuh untuk menyaring sinar biru / blue light ray yang membahayakan kesehatan mata.

Juga berisikan vitamin A, beta karoten, lutein, dan karotenoid guna melindungi mata dari adanya kerusakan serta mencegah perkembangan degenerasi macula berhubungan dengan usia serta mengurangi resiko terkena penyakit mata lainnya.