5 Kota Metropolitan di Eropa

ASTALOG.COM – Meskipun benua Eropa merupakan benua terkecil kedua setelah benua Australia, namun kehidupan sehari-hari di Eropa boleh dibilang berkembang sangat maju dan pesat jika dibandingkan dengan negara-negara di kawasan benua Asia dan Afrika. Bahkan boleh dikatakan jika hampir sebagian kota metropolitan yang ada di dunia ini didominasi dari negara-negara di wilayah benua Eropa.

Lalu apa yang dimaksud dengan metropolitan? Metropolitan adalah sebuah pusat populasi besar yang terdiri atas satu metropolis besar dan daerah sekitarnya, atau beberapa kota sentral yang saling bertetangga dan daerah sekitarnya. Satu kota besar atau lebih dapat berperan sebagai hub-nya, dan wilayah metropolitan biasanya diberi nama sesuai dengan kota sentral terbesar atau terpenting di dalamnya.

5 Kota Metropolitan di Eropa

Berikut ini 5 kota metropolitan di Eropa yang disusun berdasarkan peringkatnya, yaitu mulai dari peringkat pertama berdasarkan populasi wilayah Metropolitan:

1. Moskwa di Rusia

Moskwa atau Moskow (bahasa Rusia: Moskva) adalah ibu kota Federasi Rusia sekaligus pusat politik, ekonomi, budaya, dan sains utama di negara tersebut. Moskwa adalah kota berpenduduk terbanyak di Federasi Rusia dan Eropa serta menjadi kawasan urban terbesar ke-6 di dunia. Semenjak wilayah kota ini diperluas ke arah barat daya ke kawasan Oblast Moskwa, wilayahnya bertambah luas 2,5 kali lipat, dari 1.000 km2 menjadi 2.500 km2, dengan tambahan penduduk lebih dari 230.000 orang. Menurut majalah Forbes, pada tahun 2011, Moskwa merupakan kota yang paling banyak dihuni oleh orang terkaya di dunia.

2. Istanbul di Turki

Istanbul atau Istambul adalah kota terbesar di Turki yang menjadi jantung ekonomi, budaya, dan sejarah negara ini. Dengan jumlah penduduk 13,9 juta, kota ini membentuk salah satu aglomerasi perkotaan terbesar di Eropa dan termasuk salah satu kota terbesar di dunia menurut jumlah penduduk di dalam batas kota. Istanbul yang memiliki luas 5,343 square kilometers (2,063 sq mi) ini berbatasan dengan Provinsi Istanbul dan menjadi ibu kota administratifnya. Istanbul adalah kota lintas benua yang membentang melintasi Selat Bosporus, salah satu perairan tersibuk di dunia yang terletak di Turki barat laut, antara Laut Marmara dan Laut Hitam. Pusat perdagangan dan sejarahnya terletak di Eropa, sementara sepertiga penduduknya tinggal di Asia.

3. London di Inggris

London adalah ibu kota Inggris dan Britania Raya, sekaligus merupakan wilayah metropolitan terbesar di Britania Raya dan juga zona perkotaan terbesar di Uni Eropa menurut luas wilayah. London yang berlokasi di sepanjang Sungai Thames telah menjadi permukiman utama selama 2a milenium sejak didirikan oleh Romawi pada abad ke-1 dengan nama Londinium. Inti dari London kuno, yaitu City of London, sebagian besar masih tetap dipertahankan batas-batasnya sejak abad pertengahan. Sejak abad ke-19, nama London juga digunakan untuk menyebut kota metropolitan yang berkembang di sekitar inti ini.

London adalah kota global terkemuka yang unggul dalam bidang seni, bisnis, pendidikan, hiburan, mode, keuangan, kesehatan, media, layanan profesional, penelitian dan pengembangan, pariwisata, serta transportasi. London merupakan pusat keuangan terkemuka di dunia, dan menjadi kota dengan PDB terbesar ke-5 di dunia atau yang tertinggi di Eropa. Kota ini dikatakan juga sebagai pusat kebudayaan dunia.

4. Paris di Perancis

Paris adalah ibu kota Perancis. Terletak di sungai Seine, di utara Perancis. Kota Paris memanjang ke luar batas kota administratif.Aire urbaine Paris (atau wilayah metropolitan) memiliki penduduk hampir 12 juta jiwa,dan merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di Eropa. Paris merupakan pemukiman penting bagi lebih dari 2 milenium.

Saat ini Paris menjadi salah satu pusat bisnis dan budaya terdepan di dunia, dan campuran politik, pendidikan, hiburan, media, fashion, sains dan seni, dimana semuanya membantu status kota Paris sebagai salah satu kota global terbesar di dunia.Region Paris adalah ekonomi kota terbesar di Eropa, dan ke-5 terbesar dalam daftar kota menurut PDB dunia.

5. Randstad di Belanda

Randstaad yang berarti “kota pinggir” adalah sebuah daerah konurbasi di Belanda. Daerah ini terdiri dari 4 kota terbesar di Belanda, yaitu:

  1. Amsterdam
  2. Rotterdam
  3. Den Haag
  4. Utrecht

Daerah ini merupakan salah satu daerah konurbasi terbesar di Eropa. Jumlah penduduk Randstad tergantung pada definisi dan batas, biasanya jumlah penduduk dinyatakan berjumlah antara 6,6 hingga 7,6 juta jiwa. Randstad merupakan salah satu wilayah urban terbesar di Eropa. Di Belanda, Randstad juga merupakan pusat kebudayaan, dengan banyaknya museum, teater, ruangan konser dan bioskop.

SISWA LAIN JUGA MEMBACA INI: