Benda-benda Hasil Pengolahan Batok Kelapa

ASTALOG.COM – Pohon kelapa atau sering disebut pohon nyiur biasanya tumbuh pada daerah atau kawasan tepi pantai. Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, batok kelapa, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa dan lembaga. Buah kelapa yang sudah tua memiliki bobot sabut (35%), tempurung (12%), endosperm (28%) dan air (25%) (Setyamidjaja, D., 1995).

Pengertia Btaok Kelapa
Batok kelapa adalah salah satu bahan karbon aktif yang kualitasnya cukup baik dijadikan arang aktif. Bentuk, ukuran dan kualitas batok kelapa merupakan hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan arang aktif. Kualitas batok kelapa dan proses pembakaran sangat menentukan rendemen karbon aktif yang dihasilkan.

 

Karakteristik Batok Kelapa

Secara fisologis, bagian batok kelapa merupakan bagian yang paling keras dibandingkan dengan bagian kelapa lainnya. Struktur yang keras disebabkan oleh silikat (SiO2) yang cukup tinggi kadarnya pada batok kelapa tersebut. Berat dan tebal batok kelapa sangat ditentukan oleh jenis tanaman kelapa. Berat tempurung kelapa ini sekitar (15 – 19) % dari berat keseluruhan buah kelapa, sedangkan tebalnya sekitar (3 – 5) mm.

PELAJARI:  Diferensiasi Sosial dan Hubungannya Dengan Kewirausahaan
 

Dari segi kualitas, batok kelapa yang memenuhi syarat untuk dijadikan bahan arang aktif adalah kelapa yang benar-benar tua, keras, masih utuh dan dalam keadaan kering. Untuk membuat arang aktif yang benar-benar berkualitas, tempurung kelapa harus bersih dan terpisah dari sabutnya. Sedangkan untuk mengetahui kualitas yang baik dari arang batok kelapa, pembakarannya menghasilkan arang yang tampak hitam, mengkilap, utuh, keras dan mudah dipatahkan. (Sumber : Mecoho, 2009)

Arang batok kelapa dapat digunakan sebagai kayu bakar biasa atau diolah menjadi arang aktif yang dapat digunakan oleh berbagai industri pengolahan. Arang aktif dari batok kelapa ini memiliki daya saing yang kuat karena mutunya tinggi dan tergolong sumber daya yang terbarukan. Dengan demikian, tempurung kelapa merupakan limbah perkebunan yang memiliki potensi yang besar dan dapat dimanfaatkan lebih lanjut sebagai arang aktif.

PELAJARI:  Yuk, Kenali Berbagai Media Iklan yang Ada

Menurut Woodroof, bila batok kelapa dipanaskan pada temperatur yang cukup tinggi tanpa berhubungan dengan udara, akan terjadi rangkaian penguraian dari senyawa-senyawa kompleks yang merupakan komponen utama tempurung. Dan dihasilkan tiga bentuk zat, yaitu: padat, cair dan gas. (arang batok)

Beberapa Contoh Kerajinan Tangan Dari Batok Kelapa

1. Cangkir dari Batok Kelapa
Jika anda bosan menggunakan cangkir yang biasa, anda dapat mencoba menggunakan cangkir yang dibuat dari batok kelapa pada gambar berikut ini. Tinggal anda kreasikan warna yang anda inginkan atau bisa juga diberi corak atau ukiran gambar agar lebih menarik saat dilihat.

2. Asbak dari Batok Kelapa
Asbak dari batok kelapa ini bukan sekedar asbak biasa, tapi juga merupakan sebuah patung angsa. Unik sekali bukan? Coba lihat gambar berikut ini. Disini diperlukan kreatifitas untuk membuatknya jadi indah dan unik, anda bisa membuat hewan lain atau bentuk lain sesuai selera anda. Oh ya kami juga menyajikan cara membuat asbak dari tanah liat di link Cara Membuat Kerajinan dari Tanah Liat.

PELAJARI:  Sebutkan Perangkat Organisasi Perseroan Terbatas?

3. Bros Cantik dari Batok Kelapa
Salah satu hasil kerajinan tangan dari batok kelapa lainnya adalah bros cantik. Bros tersebut memiliki tekstur yang unik. Tapi untuk membuatnya memang agak sulit, lihat gambar berikut ini, cantik dan unik bukan.

4. Teko dari Batok Kelapa
Sebuah teko pun juga dapat dibuat dari tempurung kelapa. Lihat gambar teko dari batok kelapa berikut ini. Unik sekali bukan? tapi lagi – lagi kerajinan teko dari tempurung kelapa ini susah untuk dibuat, membutuhkan ketelitian dan kreatifitas untuk membuatnya.

5. Tas Unik dari Batok Kelapa
Anda dapat membuat sebuah tas dengan menggunakan batok kelapa. Lihatlah gambar tas unik sebagai hasil dari kerajinan tangan dari batok kelapa berikut ini. Karena kerajinan tas ini cukup susah, tidak dianjurkan untuk anda yang baru mau mencoba membuat kerajinan dari tempurung kelapa.