Dampak Mutasi Gen

ASTALOG.COM – Karena semua sel dalam tubuh kita mengandung DNA, ada banyak tempat untuk terjadinya mutasi; Namun, beberapa mutasi tidak dapat diteruskan kepada keturunannya dan tidak penting bagi evolusi.

Mutasi somatik terjadi pada sel-sel non-reproduksi dan tidak akan diteruskan ke keturunannya. Sebagai contoh, warna emas pada setengah dari apel merah ini disebabkan oleh mutasi somatik. Bijinya tidak akan membawa mutasi. Satu-satunya mutasi yang penting bagi evolusi dalam skala besar adalah mereka yang dapat diwariskan kepada keturunannya. Ini terjadi pada sel reproduksi seperti telur dan sperma dan disebut mutasi germ line (garis benih).

 

Efek Mutasi Germline

Menurut Fungsi.web.id, satu mutasi tunggal garis benih dapat memiliki berbagai efek antara lain:

 

– Tidak ada perubahan terjadi pada fenotipe

Beberapa mutasi tidak memiliki efek yang nyata pada fenotip organisme. Hal ini dapat terjadi dalam banyak situasi: mungkin mutasi terjadi pada hamparan DNA tanpa fungsi, atau mungkin mutasi terjadi di wilayah protein-coding, tetapi akhirnya tidak mempengaruhi urutan asam amino dari protein.telinga kucing

PELAJARI:  Jelaskan Perbedaan Negara Serikat dan Perserikatan Negara

– Perubahan kecil terjadi pada fenotipe

Sebuah mutasi tunggal menyebabkan telinga kucing ini meringkuk mundur sedikit.

– Perubahan besar terjadi pada fenotipe

Beberapa perubahan fenotipik benar-benar penting, seperti resistensi DDT pada serangga kadang-kadang disebabkan oleh mutasi tunggal. Sebuah mutasi tunggal juga dapat memiliki efek negatif yang kuat untuk organisme. Mutasi yang menyebabkan kematian organisme disebut lethals – dan tidak mendapatkan lebih negatif dari itu.

– Mutasi kecil dengan efek yang besar: Mutasi untuk mengontrol gen

Mutasi yang sering menjadi korban dari pers buruk – tidak adil distereotipkan sebagai tidak penting atau sebagai penyebab penyakit genetik. Sementara banyak mutasi lakukan memang memiliki efek kecil atau negatif, jenis lain dari mutasi kurang mendapat perhatian. Mutasi untuk mengontrol gen dapat memiliki efek besar (dan kadang-kadang positif).

PELAJARI:  Negara-negara Bagian di Australia

Beberapa daerah DNA yang mengontrol gen lain, menentukan kapan dan di mana gen lain diaktifkan. Mutasi di daerah ini dari genom secara substansial dapat mengubah cara organisme dibangun. Perbedaan antara mutasi pada gen kontrol dan mutasi pada gen kurang kuat adalah sedikit seperti perbedaan antara instruksi berbisik kepada pemain dintara terompet di orkestra dibandingkan berbisik ke konduktor orkestra ini. Dampak dari perubahan perilaku konduktor adalah jauh lebih besar dan lebih terkoordinasi daripada mengubah perilaku anggota orkestra individu. Demikian pula, mutasi pada gen “konduktor” dapat menyebabkan kaskade efek dalam perilaku gen di bawah kendalinya.

Dampak Mutasi bagi Makhluk Hidup

Mutasi gen dapat menyebabkan beberapa penyakit pada manusia, antara lain albinisme dan anemia sel sabit (sickle cell anemia). Penyakit sickle sell anemia adalah suatu bentuk abnormalitas pada eritroit yang disebabkan oleh gen resesif.

Pada proses mutasi buatan, mutagen kebanyakan bersifat karsinogenik (zat pemacu terjadinya kanker)
Dampak mutasi pada tanaman buah tanpa biji (partenokarpi) menyebabkan kesulitan pada tanaman untuk menghasilkan biji bagi tanaman generasi berikutnya.

PELAJARI:  Gambar Nilai-nilai Persatuan dan Kesatuan di Sekolah 

Kerugian Mutasi

Kerugian yang ditimbulkan oleh adanya mutasi sebagaimana telah dilaporkan oleh para ilmuwan antara lain:

– Menyebabkan kelainan-kelainan genetik yang bersifat merugikan. Radiasi nuklir dari reaktor PLTN yang mengalami kebocoran (seperti pernah terjadi di Chernobyl, Rusia) dilaporkan menimbulkan generasi manusia yang mengalami kecacatan fisik.
– Penggunaan sinar X untuk keperluan medis diagnostik dan terapeutik dapat menyebabkan timbulnya kanker, jika digunakan pada dosis tinggi
– Penggunaan atau pemakaian zat-zat kimia tertentu (seperti : DDT, formaldehid, asam nitrat, dll) dapat menyebabkan kerusakan kromosom (aberasi kromosom) yang bisa berakibat pada perubahan fenotip individu kearah negatif.
– Munculnya mutan resisten. Semisal jenis-jenis serangga hama tanaman dan juga serangga penebar bibit penyakit yang menjadi kebal terhadap pestisida