Kenampakan Alam di Negara Kawasan Asean (Bagian 2)

ASTALOG.COM – Pada pembahasan Kenampakan Alam di Negara Kawasan Asean (Bagian 1), telah dibahas 5 negara, yaitu: Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Pada artikel ini akan dibahas lagi 5 negara di kawasan ASEAN lainnya, yaitu:

6) Brunei Darussalam

 

Brunei Darussalam adalah sebuah negara kecil di bagian utara Pulau Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia. Negara ini termasuk negara yang sangat makmur. Sebagian besar wilayahnya terdiri atas dataran rendah yang pantainya berawa. Sementara itu, daerah pedalaman terdiri atas bukit-bukit. Wilayah yang paling tinggi di Brunei adalah bukit Pagon. Bukit lainnya adalah bukit Peradayan dan Patoi. Brunei juga memiliki sungai-sungai besar di antaranya Sungai Batu Apol, Temburong, Belalong, Tutong, dan Damit.

7) Myanmar

 

Myanmar merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang berbatasan dengan:

  • India dan Bangladesh di sebelah barat
  • Cina, Laos, dan Thailand di sebelah timur
  • India dan Cina di sebelah utara
PELAJARI:  Keunggulan Tanaman Hibrida

Wilayah perbatasannya berupa puncak Pegunungan Himalaya dengan ketinggian mencapai 4.600 meter. Rangkaian pegunungan yang memanjang di barat dan timur tersebut membentuk huruf V. Wilayah Myanmar bagian barat terdapat rangkaian Pegunungan Arakan membentuk jurang terjal. Pegunungan yang dikenal dengan Naga, Chin, dan bukit Lushai merupakan perbatasan India dan Myanmar. Cekung Tengah Myanmar besar terletak di antara Dataran Tinggi Shan dan Pegunungan Tenasserim. Daerah ini dialiri Sungai Irawady serta beberapa anak sungai seperti Sittang, Chindwin, dan Delta Salween.

8) Vietnam

Vietnam merupakan negara yang terletak paling timur di Asia Tenggara. Wilayahnya berbatasan dengan Cina di sebelah utara, Laos di sebelah barat laut, Kampuchea di sebelah barat daya, dan Laut Cina Selatan di sebelah timur. Kenampakan alamnya berupa bukit-bukit, gunung-gunung berhutan lebat, dan dataran rendah. Dataran tinggi berada di wilayah yang berbatasan dengan Laos. Puncak tertinggi adalah Gunung Phan Xi Pang dengan tinggi 3.143 meter. Gunung ini berada di Provinsi Lao Cai. Bagian utara Vietnam berupa tanah tinggi dan Delta Sungai Merah. Bagian selatan berupa pantai, Pegunungan Banjaran Annamite, hutan, dan tanah kurang subur.

PELAJARI:  Indonesia Mendapat Sebutan Zamrud Khatulistiwa Karena?

8) Kamboja

Wilayah Kamboja berbatasan dengan:

  • Thailand di sebelah barat
  • Laos di sebelah utara
  • Vietnam di sebelah timur
  • Teluk Thailand di sebelah selatan

Salah satu kenampakan alam di Kamboja yang menarik berupa dataran Lacustrine. Dataran ini terbentuk akibat banjir di Tonle Sap. Sungai Mekong juga mengalir di wilayah ini. Puncak tertingginya adalah Gunung Phnom Aoral setinggi 1.813 meter.

9) Laos

Laos berbatasan dengan:

  • Myanmar dan Cina di barat laut
  • Vietnam di timur
  • Kamboja di selatan
  • Thailand di barat

Sekitar 80% wilayahnya berupa daratan dan 20% berupa perairan. Wilayah daratan berupa gunung yang diselimuti hutan lebat. Puncak tertingginya adalah Gunung Phou Bia setinggi 2.817 meter. Wilayahnya juga berupa dataran rendah dan dataran tinggi. Laos juga memiliki beberapa sungai besar yang biasanya dijadikan sebagai sarana transportasi. Sungai besar yang mengalir di Laos adalah Sungai Mekong dan Ngum. Sungai Mekong dijadikan media komunikasi bagi penduduk Laos bagian utara dan selatan. Anak Sungai Mekong menyediakan jalan alam menuju pedalaman yang bergunung-gunung. Rangkaian pegunungan dari Rantai Annam membentuk perbatasan dengan Vietnam.

PELAJARI:  Sebutkan 4 Fungsi Negara

10) Timor Leste

Republik Demokratik Timor Leste (Timor-Leste atau Timor Lorosa’e) merupakan negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur Pulau Timor. Wilayahnya meliputi Pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan Exclave Oecussi- Ambeno di Timor Barat. Negara ini berada di Dangkalan Sahul terletak sekitar 845 km barat laut dari Australia. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan dengan beberapa danau dan hutan.