Unsur-unsur Karya Tulis Ilmiah yang Wajib Kamu Pahami

Loading...

ASTALOG.COM – Karya tulis ilmiah menjadi salah satu pedoman dalam pemuatan penelitian, dalam menggiring ide dan menempatkan sebuah ide ilmiah dalam karya tulis tersebut. karya tulis ilmiah menjadi salah satu dasar seseorang mampu membuat ide dan pedoman ilmiah yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Pastinya ketika teman-teman Astalog.com berada di bangku kelas XI dan XII SMA ada mata ajar mengenai karya tulis ilmiah dan beberapa unsurnya. Berikut unsur karya tulis ilmiah yang perlu anda ketahui.

Teori adalah alat sistematis yang digunakan dalam menjelaskan, memahami dan membuat prediksi tentang materi pelajaran yang berbeda. Ada berbagai teori dari berbagai bidang studi termasuk ilmu dan seni, Untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena yang dimaksud; Sebuah teori ilmiah harus bisa mengklarifikasi, menjelaskan atau memperhitungkan fakta, kejadian atau keadaan yang dapat diamati. Jadi, argumennya selalu ditujukan untuk menyajikan sebuah kesimpulan, dan poin yang ditawarkan untuk mendukung kesimpulan disebut premis. Menghasilkan hipotesa yang dapat diuji dan dengan demikian dapat dipalsukan; Sebuah teori ilmiah juga harus dilengkapi dengan hal-hal luar biasa yang dapat didiskusikan atau diujicoba untuk menghasilkan fakta baru.

Inilah unsur dalam karya tulis ilmiah yang dibagi menjadi 3 yaitu konsep, definisi dan hubungan antara teori. Ketiga hal tersebut sangat berkaitan erat. Selain itu juga menghasilkan data yang berkembang cukup baik apabila ketiga data digabungkan secara seksama.

Loading...