Yuk Kenali Manfaat Hutan Mangrove!

Loading...

Kenal dengan hutan mangrove? Hutan mangrove atau yang lebih kita kenal dengan sebutan hutan bakau merupakan salah satu dari banyak sekali jenis hutan di permukaan bumi ini.

Hutan mangrove banyak tersebar di negara-negara kepulauan yang beriklim tropis, salah satunya negara kita, Indonesia. Cukup berbeda dengan jenis hutan lainnya, hutan mangrove terdiri dari jenis pepohonan dengan akar yang muncul ke permukaan. Mangrove biasa tumbuh di sepanjang pantai tropis dan di daerah pasang surut seperti di muara sungai.

Sebagai negara kepulauan yang memiliki garis pantai yang sangat panjang serta banyaknya muara sungai, hutan mangrove tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Seperti ekosistem hutan lainnya, hutan mangrove sangat penting untuk kita lestarikan. Mengapa demikian?

Berikut adalah berbagai manfaat hutan mangrove:

Habitat Satwa Langka

Seperti ekosistem hutan lainnya, hutan mangrove menjadi ‘rumah’ dan habitat berbagai jenis satwa liar dan langka. Jenis hewan yang dapat kita temukan di hutan mangrove adalah burung, kera, satwa air laut seperti udang, kepiting hingga reptil. Tak hanya itu saja, hewan lainnya seperti harimau, babi liar, kancil hingga berang-berang juga sering menjadikan hutan mangrove sebagai habitatnya.

Mencegah Bencana Alam

Mencegah abrasi maupun tsunami menjadi salah satu fungsi utama hutan mangrove. Pepohonan mangrove dengan akarnya yang sangat kuat mampu meredam gelombang besar dari laut sehingga tsunami mampu dicegah.

Menambah Unsur Hara

Sifat pepohonan mangrove yang mampu memperlambat aliran air menyebabkan terbentuknya lumpur yang mengendap. Lumpur tersebut mengandung unsur hara yang sangat bermanfaat untuk digunakan pada jenis tanaman lainnya di hutan mangrove.

Wisata

Keindahan hutan mangrove dan ekosistem di dalamnya seperti jenis-jenis mangrove yang indah, hewan-hewan yang unik dan jarang dijumpai di ekosistem hutan lainnya menjadikan hutan mangrove sangat unik untuk dikunjungi. Tak jarang area hutan mangrove dijadikan sebagai objek wisata edukasi bagi pelajar maupun peneliti.

Begitu banyaknya manfaat hutan mangrove sepatutnya meningkatkan usaha kita untuk melestarikannya. Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melestarikan hutan mangrove:

  1. Menjaga kebersihan hutan dengan tidak membuang sampah sembarangan
  2. Tidak memburu hewan-hewan di hutan mangrove
  3. Melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove
  4. Memanfaatkan hutan mangrove sebagai sarana pendidikan dan ilmu pengetahuan

Tidak sulit untuk menjaga kelestarian hutan mangrove agar manfaatnya dapat terus kita rasakan, juga bagi generasi mendatang.

Loading...