Cara Belajar Bahasa Asing yang Menyenangkan

Loading...

Tak sedikit dari kita yang menyukai belajar bahasa asing. Tidak hanya karena kemampuan bahasa asing sangat penting dan diperhitungkan dalam dunia kerja nantinya, belajar bahasa asing, terlebih lebih dari 1 bahasa asing memang sangat menyenangkan. Sebut saja bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Mandarin dan bahasa lainnya.

Ibaratnya, dunia kita akan terasa lebih luas karena belajar bahasa asing secara tidak langsung berarti mengenal budaya dan sejarah suatu negara. Menyenangkan bukan?

Walaupun demikian, tak jarang belajar bahasa asing terasa membosankan dan sulit apabila metode yang digunakan tidak sesuai dengan kemampuan dan metode belajar yang kita sukai.

Setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda-beda, yang berkaitan dengan hobi, kegemaran hingga media kesukaan. Jadi, cara terbaik untuk belajar bahasa asing yang menyenangkan adalah dengan menggunakan metode yang kamu sukai.

Inilah beberapa contoh metode belajar bahasa asing yang menyenangkan.

Mendengarkan Lagu dan Membaca Liriknya

Siapa sih yang tak suka musik? Musik dapat menjadi salah satu cara belajar bahasa asing yang sangat menyenangkan dan efektif.

Dengarkan lagu dalam bahasa asing yang kamu ingin pelajari. Mulailah dengan lagu sederhana yang iramanya tidak terlalu cepat. Kemudian, cari liriknya dan pelajari kata-kata yang terdapat pada lirik tersebut.

Belajar bahasa asing melalui musik dan lagu terbilang sangat efektif karena dapat melatih kita untuk belajar mendengarkan, melafalkan dan membaca dalam bahasa asing.

Nonton Film dengan Teks Terjemahan

Metode lain belajar bahasa asing yang menyenangkan adalah dengan menonton film berbahasa asing dengan teks terjemahan (subtitle). 

Dibandingkan dengan menonton film bersulih suara (dubbing), menonton film dengan suara asli dan teks terjemahan sangat efektif meningkatan kemampuan bahasa asing kita.

Hal tersebut disebabkan oleh bahasa asing yang langsung diterjemahkan melalui teks, sehingga kita dapat mengetahui cara melafalkan dan sekaligus artinya. Tidak hanya itu, menonton film berbahasa asing juga tidak membosankan karena kita juga terhibur oleh jalannya cerita di film tersebut dan secara tidak sadar kita juga belajar bahasanya. Menyenangkan bukan?

Buat Kelompok Bahasa Asing

Belajar bahasa asing dengan beberapa teman sangatlah menyenangkan. Selain karena memiliki teman untuk berlatih bahasa asing, motivasi kita akan meningkat jika mengetahui tidak hanya kita sendiri yang berlajar bahasa asing.

Buatlah kelompok berbahasa asing dan atur jadwal khusus latihan bahasa asing. Setidaknya 1 jam per hari, luangkan waktu untuk praktik bahasa asing dengan mereka, dengan cara wajib menggunakan bahasa asing saat berbicara.

Cara ini terbilang efektif karena antar teman dapat saling mengoreksi dan menambah kosakata sehingga kemampuan bahasa asing pun meningkat.

Menulis Buku Harian

Menulis buku harian menggunakan bahasa asing yang sedang kamu pelajari dapat menjadi salah satu cara belajar yang menyenangkan.

Luangkan waktu untuk menulis buku harian setiap hari yang berisi dengan aktivitas atau rencanamu di hari tersebut.

Tulis dalam bahasa asing yang kamu pelajari dan gunakan situs cek tata bahasa untuk mengoreksinya. Menulis buku harian berbahasa asing dapat meningkatkan kosa kata, kemampuan tata bahasa dan menulis.

Itulah beberapa cara menyenangkan yang dapat dicoba untuk belajar bahasa asing. Selamat mencoba dan teruslah berlatih!

Loading...