Jenis-Jenis Karya Sastra

Loading...

Banyak dari kita yang sudah sering mendengar istilah karya sastra, atau cukup familiar dengan berbagai karya sastra.

Karya sastra atau kesusastraan merupakan karya tulis kreatif yang mengandung makna berupa pesan-pesan dan pedoman yang ingin disampaikan kepada pembacanya.

Menurut para ahli, sastra juga dapat diartikan sebagai ungkapan bahasa yang imajinatif dan bercerita tentang berbagai sisi kehidupan manusia.

Karya sastra biasanya berisi tulisan yang indah, dan mampu menggugah hati serta emosi pembacanya. Hal ini karena apa yang ditulis oleh sastrawan sebagai manusia, adalah pengalaman dan cerita-cerita yang juga dapat dialami oleh manusia lainnya.

Jenis Karya Sastra Dilihat dari Bentuknya

Kita mungkin tidak asing dengan puisi dan novel. Ya, kedua karya tersebut merupakan contoh dari bentuk karya sastra. Akan tetapi, pada dasarnya karya sastra terdiri dari 4 bentuk, yaitu:

1. Prosa

Prosa adalah salah satu bentuk karya sastra yang memiliki ciri bahasa yang digunakan tidak terikat pola tertentu, irama, bunyi, maupun pedoman-pedoman sastra lama.

Prosa biasa ditulis untuk mendeskripsikan suatu fakta, cerita fiksi hingga ide-ide penulis. Secara umum, prosa terbagi menjadi 2 jenis yaitu roman dan novel.

Contoh-contoh dari tulisan prosa dapat kita temukan dalam majalah, surat kabar, tabloid, biografi, kumpulan kiat-kiat, novel dan berbagai jenis media lainnya.

2. Puisi

Berbeda dengan prosa, puisi merupakan karya sastra dengan pedoman-pedoman khusus seperti memiliki irama dan menggunakan kata-kata yang indah. Selain itu, puisi juga berisi tentang pesan yang tersirat atau tersembunyi.

Itulah sebabnya, agar isi dari puisi tersebut dapat tersampaikan dengan baik, pembaca puisi harus membacanya dengan intonasi yang tepat dan penekanan pada kata atau kalimat yang penting.

Beberapa contoh puisi adalah sajak, pantun dan balada

3. Drama

Drama sebagai salah satu bentuk karya sastra, memiliki ciri penggunaan dialog atau monolog dengan bahasa yang bebas.

Drama dapat berupa naskah maupun drama yang dipentaskan. Beberapa contoh drama adalah:

  • Komedi yang berisi adegan-adegan lucu dan menghibur
  • Tragedi yang berisi kisah sedih
  • Musikal, yaitu drama yang disajikan dengan musik

Jenis Karya Sastra Dilihat dari Sejarahnya

Karya sastra tidak hanya dibagi berdasarkan bentuknya, namun juga berdasarkan sejarahnya.

1. Karya Sastra Lama

Sastra lama dihasilkan oleh para sastrawan yang hidup di masa lampau seperti zaman kerajaan, sehingga hasil dari karya sastra lama berupa pantun, dongeng maupun hikayat.

2. Karya Sastra Baru (Modern)

Sastra modern merupakan karya sastra yang dihasilkan di masa sekarang, dan terus berkembang di zaman modern ini.

Beberapa contoh sastra modern adalah puisi, prosa, novel, cerpen, roman maupun drama.

**

Itulah sedikit penjelasan tentang jenis-jenis karya sastra. Semoga dapat memotivasi kita untuk banyak membaca karya sastra.

Loading...