Apa Sih Manfaat Berwisata ke Alam?

Loading...

Coba ingat kembali, kapan terkahir kamu berwisata alam? Baik gunung, pantai, hutan, bukit, perkebunan hingga persawahan.

Setiap orang memiliki tempat wisata kesukaan yang berbeda-beda. Objek wisata buatan memang menyenangkan dan juga banyak manfaatnya terutama untuk edukasi. Akan tetapi, wisata alam memiliki banyak sekali manfaat yang lebih kompleks.

Apa saja sih maaftkan berwisata ke alam?

1. Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Alam memiliki banyak sekali hal yang bisa dilihat, disentuh dan untuk berinteraksi, misalnya ragam hewan yang terdapat di tempat wisata tersebut.

Anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan jika mereka melihat hal-hal yang berbeda dengan yang sudah sering mereka liat, mereka dapat mengemukakan banyak pertanyaan dan Anda pun dapat menjelaskannya sehingga kemampuan berkomunikasi mereka akan terlatih.

Selain itu, tempat wisata biasa dikunjungi banyak orang sehingga interaksi sosial anak pun dapat meningkat, terlebih lagi jika tempat wisata tersebut menawarkan permainan outbond dengan tipe-tipe permainan interaktif dan memerlukan kerjasama tim.

2. Ikatan Emosional

Wisata alam identik dengan aktivitas alam seperti mendaki bukit atau gunung, berenang atau menikmati keindahan alam yang mungkin tidak bisa kita lakukan di kehidupan sehari-hari.

Saat melakukan aktivitas itulah akan terjalin ikatan emosional yang lebih kuat antara anak dan orang tuanya, karena aktivitas yang dilakukan bersama-sama.

3. Melatih Rasa Tanggung Jawab

Wisata alam lebih membutuhkan sikap tanggung jawab yang lebih besar karena terkait dengan aktivitas yang harus dilakukan dengan hati-hati. Itulah sebabnya berwisata ke alam memerlukan perhatian lebih terhadap barang bawaan atau persiapan aktivitas.

Anak dapat dilatih rasa tanggung jawabnya dengan memastikan mereka membawa peralatan dan perlengkapan yang mereka butuhkan sendiri serta menjaga diri mereka sendiri dengan lebih baik.

4. Menumbuhkan Rasa Peduli

Alam menjadi salah satu ciptaan Tuhan yang sangat penting untuk kita jaga karena alam turut menjaga dan memberi banyak sekali maanfaat bagi manusia.

Dengan berwisata ke alam, melihat berbagai macam tanaman, hewan, pepohonan, pantai dan laut yang indah dapat meningkatkan rasa peduli bagi anak untuk melestarikan ciptaan Tuhan dan tidak melakukan hal-hal yang mengancam kelestarian alam seperti membuang sampah sembarangan, memburu hewan, merusak alam, dan lain sebagainya.

5. Sumber Ilmu Pengetahuan

Alam memiliki banyak sekali hal yang dapat dipelajari. Dari ekosistem yang tinggal di lokasi wisata tersebut, manfaat hasil alam, dan perbedaan lingkungan seperti panasnya pantai dan dinginnya area pengunungan, dapat dirasakan langsung oleh anak-anak dan menjadi pengalaman nyata dari hal-hal yang mungkin hanya mereka dengar dan baca sebelumnya.

Loading...