Yuk Kenali Macam-macam Alat Pernapasan pada Hewan

Loading...

Semua makhluk hidup melakukan proses menghirup dan mengeluarkan udara, yang disebut bernapas. Tidak hanya manusia, hewan pun melakukan proses bernapas untuk hidup.

Namun berbeda dengan manusia, hewan memiliki bermacam-macam alat pernapasan tidak hanya paru-paru selayaknya manusia.

Beberapa alat pernapasan pada hewan adalah insang, paru-paru, trakea, kulit dan lainnya. Berikut adalah contoh-contoh dari jenis hewan dan alat pernapasannya.

Burung

Hewan yang dalam ilmu biologi disebut aves, memiliki alat pernapasan berupa kantong udara atau yang disebut dengan pundi-pundi udara.

Kantong yang berisi udara ini berfungsi untuk menyimpan udara yang digunakan burung saat terbang. Prosesnya adalah udara masuk melalui hidung ke tenggorokan dan ke kantong udara, lalu berakhir di paru-paru.

Cacing

Berbeda dengan hewan lainnya, cacing termasuk hewan yang tidak memiliki tulang belakang dan bertubuh lunak.

Cacing tidak memiliki alat pernapasan khusus seperti hewan lainnya, melainkan melalui kulit. Ya, cacing bernapas melalui oksigen yang masuk melalui permukaan kulitnya.

Proses masuknya oksigen melalui kulit ini menyebabkan kulit cacing basah karena jalan keluar masukknya oksigen dan karbon dioksida.

Ikan

Mungkin banyak dari kita yang telah mengenal alat pernapasan ikan, yaitu insang. Ikan bernapas melalui insang yang terletak pada sisi sebelah kanan dan kiri kepala ikan, yang tertutupi oleh tutup insang.

Cara ikan bernapas adalah saat air masuk ke rongga mulut, insang pun tertutup dan oksigen yang terdapat dalam air tersebut diikat oleh kapiler darah.

Serangga

Jenis-jenis serangga seperti belalang, rayap maupun kupu-kupu bernapas melalui trakea. Trakea adalah pembuluh yang terdapat di seluruh bagian tubuh seranga.

Oksigen masuk melalui lubang berukuran sangat kecil yang terdapat di sepanjang sisi kanan dan kiri tubuh serangga. Lubang itu disebut stigma.

Mamalia

Seperti manusia, seluruh hewan mamalia bernapas melalui paru-paru. Lumba-lumba hingga paus juga bernapas dengan paru-paru.

Amfibi

Amfibi merupakan jenis hewan yang cukup unik karena mampu hidup di dua alam, yaitu darat dan laut. Salah satu contoh dari amfibi adalah katak.

Katak memiliki alat pernapasan yaitu paru-paru. Akan tetapi, katak juga dapat bernapas dengan kulitnya yang selalu basah untuk membantu oksigen masuk ke dalam tubuhnya melalui kulitnya.

Reptil

Seperti yang kita ketahui, reptil biasa disebut hewan melata, seperti kadal, ulat, buaya, cicak dan lain sebagainya.

Hewan jenis reptil juga bernapas dengan paru-paru seperti halnya mamalia. Proses bernapasnya adalah udara yang masuk melalui hidung, lalu ke tenggorokan dan masuk ke paru-paru.

Loading...