Apa Saja Manfaat Pohon bagi Manusia dan Lingkungan?

Loading...

Apa jadinya bumi tanpa pohon? Pohon merupakan paru-paru bumi karena menghasilkan oksigen yang diperlukan bagi manusia dan hewan untuk bernapas.

Tak hanya fungsi utamanya untuk menghasilkan oksigen dan udara bersih bagi kita, pohon memiliki 10 manfaat yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan lingkungan kita.

Membersihkan Udara

Dunia yang semakin berkembang menyebabkan semakin banyaknya bangunan, kendaraan dan industri yang tak sedikit menyumbang polusi udara.

Pohon mampu membersihkan udara kotor dan partikel polusi sehingga mampu menyelamatkan kehidupan di perkotaan besar. Itulah sebabnya pembangunan yang pesat juga harus diimbangi dengan jumlah pepohonan yang seimbang.

Produsen Air Bersih

Pohon dan hutan juga berfungsi sebagai filtrasi atau penyaring air sehingga dapat menyediakan pasokan air bersih bagi kehidupan manusia.

Mengatasi Polusi Udara

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pepohonan dapat menyerap hingga 48 ton karbondioksida per tahunnya. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan kita karena pasokan oksigen dan udara bersih pun tercukupi.

Lapangan Kerja bagi Manusia

Ada banyak sekali lapangan kerja yang berkaitan dengan hutan, kebun dan pepohonan. Hal ini membuktikan bahwa pohon sebagai penyedia lapangan kerja bagi manusia.

Menurunkan Tingkat Stress

Pohon terbukti memberikan efek menenangkan sehingga membuat orang merasa nyaman dan terhindar dari stress. Itulah sebabnya daerah yang memiliki jumlah pepohonan yang lebih banyak, masyarakatnya memiliki tingkat stress yang lebih rendah dan bahkan tingkat kriminal yang lebih rendah.

Membuat Nilai Suatu Kawasan Lebih Tinggi

Suatu kawasan baik properti atau kawasan publik yang memiliki ruang hijau lebih banyak dan tertata rapi memiliki nilai yang lebih tinggi karena konsumen cenderung memilih kawasan yang rindang dengan udara yang lebih bersih dan lingkungan yang sehat.

Menyehatkan Mental

Berdasarkan beberapa hasil studi, kawasan dengan banyak pepohonan akan meningkatkan aspek interaksi manusia dengan alam yang berpengaruh pada aspek kognitif kita.

Dengan melihat pepohonan lebih sering, akan meningkatkan kesehatan mental kita.

Mencegah Bencana Alam

Pepohonan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya bencana alam seperti longsor dan banjir. Hal ini disebabkan oleh akar-akar pohon yang mampu menyimpan air hujan dalam jumlah besar.

Di kawasan pesisir pantai, adanya pohon seperti bakau akan mencegah kawasa tersebut dari abrasi.

Keberlangsungan Hewan

Seperti yang kita ketahui, pohon nenjadi habitat berbagai jenis hewan, baik burung, serangga, hewan melata dan lain sebagainya.

Hal ini membuat pohon secara tidak langsung menjaga kehidupan hewan dari kepunahan.

Loading...