Apa Arti Kemerdekaan Indonesia

 

Hari kemerdekaan Indonesia jatuh tiap tanggal 17 Agustus setiap tahun. Seperti biasa, euforia warga negara Indonesia di seluruh dunia dalam menyambut hari kemerdekaan ini sangat tinggi.

Mereka beramai – rama melakukan hal – hal terkait dengan rasa bangga yang muncul seperti melakukan upacara bendera dan menggelar beragam jenis perlombaan.

Namun dibalik kegiatan – kegiatan meriah yang dilakukan dimana – mana tersebut sebaiknya selipkan di hati tentang apa sebenarnya makna dari sebuah kemerdekaan terhadap suatu bangsa?


Tidak hanya turut merayakan hari kemerdekaan Indonesia tersebut melainkan cenderung untuk mampu mengerti lalu memahami arti dari kemerdekaan Indonesia.

Sejarah panjang mencatat perjuangan yang telah dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan sejak zaman dulu hingga kini dalam upaya membebaskan Indonesia dari penjajahan bangsa lain.

Ini bukanlah sebuah hal yang dianggap remeh. Keringat, tenaga hingga nyawa dipertaruhkan demi sebuah kemerdekaan.

 

Ini wajib ditindak lanjuti oleh generasi muda saat ini yang tidak bisa hanya duduk – duduk santai saja menikmati hasil perjuangan berat dari para pejuang tersebut.

Generasi muda seharusnya berdisiplin diri untuk menyingsingkan lengan baju turut serta mengemban tugas berat selanjutnya yaitu mempertahankan dan mengembangkan hasil yang diperoleh oleh para pejuang.

PELAJARI:  Jelaskan yang Dimaksud Diskriminasi Rasial

Renungkan tentang hal – hal apa saja yang telah kita berikan dan sumbangkan bagi negara Indonesia tercinta ini. Seperti makna sejati dari kemerdekaan Indonesia adalah adanya rasa saling menghargai dan menghormati.

Bisa dilakukan terhadap sesama warga masyarakat Indonesia atau warga dari luar negeri dan para pahlawan yang menyumbangkan jasa besar untuk kemerdekaan Indonesia.

Jangan sampai masyarakat Indonesia melupakan hal – hal kecil tersebut di atas. Kemerdekaan Indonesia merupakan sebuah bukti nyata bahwa masyarakat Indonesia adalah warga masyarakat yang hebat.

Tanpa mengesampingkan adanya berbagai permasalahan yang sedang melanda bangsa ini. Sebagai warga negara Indonesia yang baik sudah seharusnya turut serta menyumpangkan ide atau opini guna membantu meringankan beban negara yang sangat berat.

Pendapat Masyarakat Tentang Kemerdekaan Indonesia

1/Menurut Jeffry Winata (aktor)

Ia berpendapat bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan suatu kondisi yang terbentuk dan tercipta berdasarkan sudut pandang, cara hidup, perilaku yang terjadi diantara sesama manusia yang adil tanpa memandang suku, agama, ras, warna kulit, atau atribut lainnya yang terlanjur melekat di dalam diri masing – masing individu.

Situasi yang terbentuk dimana diharapkan tidak adanya paksaan dan  anjuran – anjuran untuk mendiskreditkan atribut yang sudah melekat di dalam nurani individu tertentu.

PELAJARI:  Adat Istiadat yang Berlaku di Sulawesi Selatan

Kemerdekaan dengan arti yang sebenarnya tidak akan mampu diwujudkan di dunia ini tanpa adanya hal – hal yang memiliki sifat kompleks, dimana pendapat apapun yang cenderung bersifat baik ataupun buruk sekalipun bisa disalurkan dan disebarkan secara luas dalam masyarakat.

Maka dari itu mulailah berbagi dan membangun kerjasama dan solidaritas bangsa yang menjadi semboyan dari negara kita, Indonesia tercinta ini.

2/Michelle Tan (software developer)

Ia berpendapat bahwa kemerdekaan itu artinya sebuah kebebasan. Bebas berpendapat, bebas berbuat, dan kemerdekaan yang mengandung arti untuk semua pihak agar dapat hidup dengan rukun tanpa adanya perselisihan dan merasa aman.

Kemerdekaan bisa menjadi sebuah tanggung – jawab dimana tidak hanya diri sendiri saja yang boleh merasakan bebas namun ‘membebaskan’ orang lain juga.

3/Menurut pendapat Denisa Dea Denada (graduate architect)

Ia menjelaskan lebih lanjut tentang makna dari kemerdekaan tersebut adalah kebebasan yang diperoleh seseorang ketika ia berhasil mengesampingkan dan mengalahkan dirinya sendiri. Ini termasuk segala bentuk perilaku ingin diakui (juga keserakahan untuk ingin memiliki).

Seseorang yang berhasil terlepas dari ‘keakuannya’ maka akan beruntung mampu berkontribusi dibandingkan menuntut haknya untuk berhasrat memperoleh sesuatu yang diinginkan.

PELAJARI:  Peranan Indonesia dalam ASEAN

4/Menurut pendapat Kenichi Adriel Lumban Tobing (mahasiswa Monash University jurusan Master of Business)

Ia memaknai kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah hasil dari adanya persatuan seluruh warga masyarakat di Indonesia dari beragam suku dan agama yang telah berjuang dan berkorban bersama – sama dalam mengusir penjajah di Indonesia.

Mereka berjuang demi terbentuknya negara yang kokoh, bebas menentukan pilihannya sendiri dan bersatu. Kemerdekaan adalah sebuah kebebasan dari warga masyarakat sebagai bagian dari negara Indonesia untuk dapat menentukan dan mengambil keputusan guna menciptakan undang – undang dasar sebagai asas dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Kebebasan adalah tanpa adanya tekanan politik atau hambatan dari negara – negara lainnya. Inilah kemerdekaan bagi rakyat Indonesia yang berarti rakyat memiliki kemampuan untuk berdiri sendiri dalam hal memanfaatkan sumber daya alam yang tersimpan di bumi pertiwi untuk kemakmuran, kesejahteraan masyarakat dan melakukannya dengan kontrol kuat dari dalam diri sendiri terhadap sumber daya alam di Indonesia dibantu oleh negara lain.

Demikian kami mengulas dengan singkat tentang apa arti kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.