Ciri Khusus Kuda Laut

Loading...

ASTALOG.COM – Kuda laut adalah jenis ikan yang hidup di laut, yang termasuk dalam genus Hippocampus dan familia Syngnathidae. Kuda laut memiliki ukuran umum yang bervariasi antara 16 mm (untuk spesies Hippocampus denise) sampai 35 cm. Kuda laut dapat ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia.

Karena kuda laut dapat ditemukan di peraian tropis dan menengah di seluruh dunia, maka sampai saat ini ada sekitar 54 jenis kuda laut, yang kebanyakan diantaranya menghuni perairan tropika dan sedang. Selanjutnya, berdasarkan survei dari Lourie et al. pada 2001, terdapat 10 jenis kuda laut yang ditemukan secara luas di perairan lautan Indonesia, yaitu:

  1. Hippocampus barbouri
  2. Hippocampus bargibanti
  3. Hippocampus comes
  4. Hippocampus histrix
  5. Hippocampus kellogg
  6. Hippocampus kuda
  7. Hippocampus pontohl
  8. Hippocampus satomiae
  9. Hippocampus spinosissimus
  10. Hippocampus trimaculatus

Meskipun jenis kuda laut sangat banyak, namun populasi kuda laut di dunia semakin hari semakin terancam karena adanya kegiatan penangkapan kuda laut yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena ternyata kuda laut dimanfaatkan dalam herbologi tradisional Tiongkok, sehingga membuat sebanyak sekitar 20 juta kuda laut telah ditangkap setiap tahunnya untuk keperluan ini. Oleh karena itulah, sejak 15 Mei 2004, ekspor impor kuda laut pun mulai diatur dalam CITES.

Ciri Khusus Kuda Laut

Kuda laut yang berukuran sangat kecil ternyata memiliki sejumlah ciri khusus yang tidak dimiliki oleh hewan jenis lainnya karena memang setiap hewan lain juga pasti memiliki ciri khususnya masing-masing. Adapun ciri khusus kuda laut antara lain:

  1. Kuda laut merupakan satu-satunya spesies yang jantannya dapat menghasilkan keturunan alias hamil. Mengapa demikian? Sebenarnya, seperti halnya makhluk hidup berkelamin jantan, kuda laut jantan sebenarnya tidak memiliki sel telur selayaknya kuda laut betina. Lalu kenapa dikatakan bahwa kuda laut jantan dapat hamil? Hal itu disebabkan karena kuda laut jantan ternyata memiliki kantong perut untuk menyimpan telur-telur yang diletakkan oleh kuda laut betina. Nah, pada saat telur-telur sampai di kantong perut ini, lapisan dalam kantung perut akan dipenuhi oleh pembuluh darah lalu kuda laut jantan akan membuahi telur-telurnya menjadi embrio. Proses ini berlangsung selama sekitar 10 hingga 40 hari, dimana embrio-embrio kuda laut akan berkembang sampai menjadi bayi-bayi kuda laut tergantung spesiesnya. Kemudian kuda laut jantan yang mengandung ini akan melahirkan bayi-bayinya, biasanya berjumlah ratusan bahkan sampai ribuan. Sebelum melahirkan bayi-bayinya, kuda laut jantan juga akan menyesuaikan kadar garam dalam kantong perut dengan air laut agar pada saat telur-telurnya menetas bayi-bayi kuda laut dapat menyesuaikan dengan lingkungan. Oleh karena itu, dapat pula diasumsikan bahwa  kuda laut merupakan jenis hewan monogami yang sangat setia pada pasangannya melalui kekompakan yang terjadi antara kuda laut jantan dan betina dalam hal proses regenerasi keturunan mereka.
  2. Sirip dorsal pada kuda laut terletak pada bagian bawah sedangkan sirip pektoralnya terletak pada bagian kepala, di dekat insang. Beberapa spesies kuda laut berwarna transparan sebagian, sehingga tidak mudah terlihat.
  3. Meskipun merupakan sejenis ikan yang hidup di laut karena faktanya adalah bahwa kuda laut bernapas melalui insang, namun kuda laut merupakan perenang yang sangat buruk. Meskipun dapat bergerak dengan leluasa di perairan laut, namun pergerakan kuda laut sangatlah lambat. Hal ini dikarenakan bentuk tubuh kuda laut yang selalu tegap dan hanya mengandalkan siripnya yang kecil untuk bergerak didalam lautan. Dengan lambatnya pergerakan kuda laut, hewan ini seringkali tertangkap oleh predator yang akan memangsanya atau mati dikarenakan kuda laut memiliki stamina yang sangat buruk yang mengakibatkan kuda laut cepat merasa kelelahan dan mati tenggelam di dasar laut.
  4. Meskipun begitu, kuda laut sangat pintar dalam hal mengelabui musuhnya, kuda laut memiliki warna yang hampir mirip dengan beberapa biota laut seperti terumbu karang. Hal tersebut dimanfaatkan kuda laut dengan cara mengikatkan ekornya di terumbu karang dengan warna yang sama untuk mengelabui musuhnya sekaligus menjaga agar tidak terbawa arus laut.
  5. Makanan utama kuda laut adalah zooplankton yang berukuran sangat kecil dan juga udang-udang kecil. Kuda laut akan menyedot makanannya dan langsung memasukkannya kedalam tubuh tanpa mengunyahnya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kuda laut tidak mempunyai gigi.
  6. Selain tidak mempunyai gigi, ternyata kuda laut juga tidak memiliki perut. Oleh karena itu kuda laut sering dijuluki sebagai hewan laut yang “rakus”, karena kuda laut tidak memiliki “penampung makanan” yang membuat makanan yang lewat di depannya langsung dimakannya secara terus menerus setiap harinya.

RANGKUMAN MATERI

Loading...