Debat Bahasa Inggris Tentang Rokok Ilegal Beserta Artinya

ASTALOG.COM – Rokok menjadi salah satu masalah yang sering diperbincangkan dan tidak ada habisanya. Mulai dari kerugian yang akan dirasakan saat Anda menjadi perokok akut sampai seperti apa dampak kesehatan jangka panjang yang akan dirasakan.

Berbicara mengenai rokok tentu saja menimbulkan pro kontra. Sehingga tidak jarang orang-orang mengangkatnya menjadi topik pembahasan. Berikut salah satu contoh pembahasan mengenai rokok dengan mengangkat judul “Pro dan Kontra Rokok di Indonesia”

 

Pro Cons The Elimination Of Cigarettes In Indonesia
Every individual and community in the world has known that smoking is very dangerous. It can harm health because smoking can cause a variety of diseases that are dangerous to its consumer. Although it is very harmful for health, smoking is still demanded by smokers. Even, it has become an inseparable part of their lives. Many reasons are used by smokers to continue smoking. Some believe that it may increase promiscuity, it gives peace; it creates creativity, and many other reasons. Nevertheless, it is a free choice for each individual. Based on this statement, Elimination of cigarettes in Indonesia planed by government raises the pros and cons in the community. Some people pros with the abolition of cigarettes in Indonesia. But most of people also cons with this plan.

PELAJARI:  Jelaskan Apa yang Dimaksud Dengan Habitat?

If it is viewed from the cons side, the deletion of smoking would prejudice Indonesia. It is because Cigarette industry is main source of financial income for government. The tobacco companies also can reduce unemployment in Indonesia because cigarette companies absorb a lot of manpower. In addition, the production sector of agriculture, and trade Indonesia develop because of cigarettes.

 

On the other side, Pro side considers that tobacco companies do not provide benefits to the environment due to cigarette smoke causes air pollution which very danger to health. Moreover, the income received by Cigarette Industry is not in accordance with the expenditure Budget in health sector. The government should provide health budget 2 times greater than the income from cigarette sector.

PELAJARI:  Karakteristik Kuningan

Therefore, to find a solution of this problem, government should be more assertive in addressing this problem. Instead of spending greater expenditure budget in health, better to use the budget to create a lot of jobs so that unemployment in Indonesia is reduced.

Translate:

Pro dan Kontra Rokok di Indonesia

Setiap individu dan masyarakat dunia telah mengretahui bahwa kebiasaan merokok sangat berbahaya. Merokok dapat mengganggu kesehatan karena rokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya bagi pengkonsumsinya. Meskipun merokok sangat berbahaya bagi kesehatan, merokok tetap disukai oleh para perokok. Bahkan merokok telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mereka. Banyak alasan yang digunakan oleh para perokok untuk tetap merokok. Ada yang beranggapan bahwa merokok dapat meningkatkan pergaulan, merokok memberi ketenangan atau merokok menciptakan kreativitas, dan masih banyak alasan lainnya. Meskipun begitu, Merokok merupakan pilihan bebas bagi setiap individu. Wacana penghapusan rokok di Indonesia menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Beberapa pihak pro dengan wacana penghapusan rokok di Indonesia. Namun sebagian pihak kontra dengan wacana ini.

PELAJARI:  Pengertian Cerita Fantasi dan Contohnya

Bila ditinjau dari sisi yang kontra, penghapusan rokok justru akan merugikan Indonesia. karena perusahaan rokok merupakan sumber pemasukan keungan bagi pemerintah. Perusahaan-perusahaan rokok juga bisa mengurangi pengangguran di Indonesia karena perusahaan rokok menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Selain itu juga, sektor produksi, pertanian, maupun perdagangan Indonesia menjadi berkembang karena rokok.

Di sisi lain pihak yang Pro beranggapan bahwa Perusahaan rokok tidak memberikan keuntungan terhadap lingkungan karena asap rokok yang bertebrangan menyebabkan pencemaran udara yang sangat bahaya bagi kesehatan. Begitu pula dengan pendapatan yang diterima oleh negara tidak sesuai dengan anggaran pengeluaran di bidang kesehatan. Pemerintah harus menyediakan anggaran kesehatan 2 kali lebih besar dari pendapatan sector rokok.

Oleh karena itu, untuk menemukan jalan keluar dari masalah ini. Pemerintah harus lebih tegas dalam menyikapi permasalahan ini. Daripada menegeluarkan anggran kesehatan yang lebih banyak, lebih baik pemerintah mengeluarkan anggran yang lebih untuk membuka lapangan pekerjaan agar jumlah pengangguran di Indonesia menjadi berkurang.