Apa Tujuan Didirikannya Bank Dunia?

ASTALOG.COM – Artikel kali ini akan membahas mengenai bank dunia. Seperti apakah itu bank dunia? Dan apa tujuan didirikannya bank dunia? Penasarankan? Yuk langsung saja kita simak artikel berikut ini.

Apa Itu Bank Dunia?

 

Bank Dunia adalah lembaga internasional yang membantu negara-negara dengan pembiayaan dan nasihat keuangan. Tujuannya adalah untuk membantu negara-negara berkembang merancang pembangunan ekonomi rencana untuk membangun infrastruktur dan ekonomi mereka untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup bagi warga negara mereka. Hal ini juga membantu memfasilitasi investasi internasional.

Organisasi ini didirikan pada tanggal 1 Juli 1944 selama Konferensi PBB Moneter dan Keuangan, yang berlangsung di Bretton Woods, New Hampshire. Pinjaman pertama dibuat pasca-perang Perancis untuk rekonstruksi dalam jumlah 250 juta dollar AS (USD). Saat ini berkantor pusat di Washington, DC dan memiliki kantor di lebih dari 100 negara. Saat ini memiliki 184 negara anggota, yang membuat kepemilikannya.

PELAJARI:  Raja yang Paling Terkenal di Kerajaan Samudera Pasai
 

Bank Dunia terdiri dari dua lembaga utama pembangunan: Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD) dan International Development Association (IDA). IBRD berfokus pada memberikan bantuan kepada negara-negara berpenghasilan menengah yang layak kredit, sedangkan IDA membantu negara-negara miskin. Bank Dunia juga bekerja dengan afiliasi, termasuk International Finance Korporasi (IFC), Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA), dan Pusat Internasional untuk Penyelesaian Perselisihan Investasi (ICSID).

Tujuan Bank Dunia

Tujuan dari Bank Dunia yang sangat beragam, meskipun namanya hanya kepentingan finansial. Organisasi membutuhkan lebih “holistik” pendekatan bantuan keuangan dengan membantu pendidikan dan pengembangan kesehatan, pengembangan daerah pertanian dan pedesaan suatu negara, melindungi lingkungan, membantu membangun infrastruktur dan membantu membangun lembaga-lembaga pemerintah yang melindungi warga negara.

PELAJARI:  Tuliskan 3 Pengaruh Globalisasi Ekonomi

Bank ini merupakan salah satu penyandang dana terbesar dari pendidikan. Sejak tahun 1963, ia telah mengeluarkan 36500000000 USD untuk pinjaman pendidikan dan hibah. Ini telah memberikan sejumlah besar uang dalam memerangi HIV / AIDS dan telah mendirikan Beragam Program Negara HIV / AIDS (MAP).

Organisasi ini telah membuat kemajuan dalam memerangi korupsi di pemerintah di seluruh dunia, yang disponsori berbagai proyek keanekaragaman hayati dan membantu pasokan air bersih, listrik dan transportasi. Ini juga mendukung penghapusan utang ke negara-negara yang paling dililit hutang dan mendukung keterlibatan organisasi masyarakat sipil. Negara-negara dalam konflik atau perang yang menarik bagi Bank Dunia juga. Negara-negara anggota mendapatkan manfaat dari suku bunga rendah, sedangkan negara-negara miskin sering menerima uang hibah. Bank sering menyetujui pinjaman dan hibah tergantung pada bagaimana proyek akan menguntungkan atau meningkatkan aspek tertentu dari infrastruktur, kesehatan atau pendidikan sistem atau lingkungan suatu negara.

PELAJARI:  Isi Perjanjian Verselles

Meskipun Bank Dunia dihormati di seluruh dunia dan program-programnya telah banyak menguntungkan dan sukses, pencela percaya bahwa itu terlalu dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan Barat, khususnya Amerika Serikat. Lainnya percaya bahwa kebijakannya tidak selalu cocok atau bekerja dalam tradisi lokal, ekonomi atau bentuk pemerintahan. Kritik mengatakan bahwa pinjaman membuat beberapa negara terlalu tergantung pada bantuan asing, membuat mereka dililit hutang dan menyebabkan mereka jatuh ke dalam siklus hutang. Daripada merancang program sendiri atau menemukan sumber internal pendanaan, negara-negara seperti datang untuk bergantung pada Bank Dunia.

Itulah tadi artikel yang membahas pengertian dan tujuan bank dunia. Semoga bermanfaat.