Jelaskan Cara Bernapas Pada Katak

ASTALOG.COM – Katak adalah binatang amfibi pemakan serangga yg hidup di air tawar atau di daratan, berkulit licin, berwarna hijau atau merah kecokelat-cokelatan, kaki belakang lebih panjang dari kaki depan, pandai melompat dan berenang.

Katak merupakan hewan Amphibia atau amfibi. Hidup di dua alam, yakni di air dan di daratan. Bertelur di air, atau menyimpan telurnya di tempat yang lembap dan basah. Ketika menetas, larvanya yang dinamai berudu hidup di air atau tempat basah tersebut dan bernapas dengan insang. Setelah beberapa lama, berudu kemudian berubah bentuk (bermetamorfosa) menjadi hewan dewasa, yang umumnya hidup di daratan atau di tempat-tempat yang lebih kering dan bernapas dengan paru-paru. Tetapi belum sebaik paru-paru Mammalia

 

Ciri-ciri Hewan Amfibi.

– Tubuh diselubungi kulit yang berlendir.
– Merupakan hewan berdarah dingin (poikiloterm).
– Mempunyai jantung yang terdiri dari tiga ruangan yaitu dua serambi dan satu bilik
– Mempunyai dua pasang kaki dan pada setiap kakinya terdapat selaput renang yang terdapat di antara jari-jari kakinya dan kakinya berfungsi untuk melompat dan berenang.
– Matanya mempunyai selaput tambahan yang disebut membrana niktitans yang sangat berfungsi waktu menyelam.
– Pernapasan pada saat masih kecebong berupa insang, setelah dewasa alat pernapasannya berupa paru-paru dan kulit dan hidungnya mempunyai katup yang mencegah air masuk ke dalam rongga mulut ketika menyelam.
– Berkembang biak dengan cara melepaskan telurnya dan dibuahi oleh yang jantan di luar tubuh induknya (pembuahan eksternal).

Katak mempunyai kulit yang selalu basah untuk membantu pernapasannya karena kulit yang selalu basah ini banyak mengandung pembuluh darah sehingga dapat membantu oksigen berdifusi melalui kulitnya. Katak bergerak dengan keempat kakinya. Selain itu,

PELAJARI:  Prinsip Teknik Kultur Jaringan
 

Katak berkembang biak dengan bertelur. Pembuahannya terjadi secara eksternal. Pertemuan antara sel telur dan sperma terjadi di dalam air.

Paru paru katak berupa sepasang kantung tipis yang elastis sehingga udara pernapasan dapat berdifusi, dan dindingnya banyak dikelilingi kapiler darah sehingga paru-paru katak berwarna kemerahan. Paru-paru dengan rongga mulut dihubungkan oleh bronkus yang pendek.

Seperti pada ikan, pernapasan pada katak meliputi proses inspirasi dan ekspirasi yang berlangsung pada saat mulut dalam keadaan tertutup. Mekanisme pernapasan ini diatur oleh otot-otot pernapasan, yaitu: otot rahang bawah (submandibularis), sternohioideus, geniohioideus, dan otot perut.

1) Fase inspirasi katak.
Fase inspirasi terjadi bila otot sternohioideus berkontraksi sehingga rongga mulut membesar, akibatnya oksigen masuk melalui koane (celah hidung).

PELAJARI:  Apa Yang di Maksud dengan Reboisasi?

Setelah itu, koane menutup, otot submandibularis dan otot geniohioideus berkontraksi, sehingga rongga mulut mengecil. Mengecilnya rongga mulut mendorong oksigen masuk ke paru-paru lewat celah-celah. Dalam paru-paru terjadi pertukaran gas, oksigen diikat oleh darah yang berada dalam kapiler dinding paru-paru, dan sebaliknya karbon dioksida dilepaskan ke lingkungan.

2) Fase ekspirasi katak.
Mekanisme ekspirasi terjadi setelah pertukaran gas di dalam paru-paru, otot rahang bawah mengendur atau berelaksasi, sementara otot perut dan sternohioideus berkontraksi. Hal ini mengakibatkan paru-paru mengecil, sehingga udara tertekan keluar dan masuk ke dalam rongga mulut. Selanjutnya koane membuka, sedangkan celah tekak menutup, sehingga terjadi kontraksi otot rahang bawah yang diikuti berkontraksinya otot geniohioideus. Akibatnya, rongga mulut mengecil dan udara yang kaya karbon dioksida terdorong keluar melalui koane.

PELAJARI:  Sebutkan dan Jelaskan Tumbuhan yang Peka Terhadap Rangsangan Zat Kimia

Fakta dan Informasi Menarik tentang Katak.

1. Katak termasuk dalam Ordo Anura atau ordo terbesar dari tiga kelompok amfibi.
2. Tidak ada perbedaan taksonomi antara katak dan kodok.
3. Katak memiliki empat jari pada kaki depan dan lima jari pada kaki belakang.
4. Gerakan melompat pada katak digunakan untuk menghindari predator, bukan sebagai gerakan normal.
5. Katak adalah karnivora.
6. Siklus hidup katak terdiri dari tiga tahap: telur, larva, dan dewasa.
7. Sebagian besar spesies katak memiliki gendang telinga besar pada setiap sisi kepala dan disebut tympanum.
8. Setiap spesies katak memiliki suara panggilan yang unik.
9. Spesies katak terbesar di dunia adalah katak Goliath.
10. Banyak spesies katak yang langka terancam punah.