Sebutkan 5 Contoh Jenis Makanan Pokok

Loading...

ASTALOG.COM – Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Tanpa makanan, makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktivitas sehari-harinya. Makanan dapat membantu manusia dalam mendapatkan energi, membantu pertumbuhan badan dan otak. Memakan makanan yang bergizi akan membantu pertumbuhan manusia, baik otak maupun badan. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda. Protein, karbohidrat, dan lemak adalah salah satu contoh gizi yang akan didapatkan dari makanan.

Setiap jenis gizi mempunyai fungsi yang berbeda. Karbohidrat merupakan sumber tenaga sehari-hari. Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi. Protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan, baik otak maupun tubuh. Lemak digunakan oleh tubuh sebagai cadangan makanan dan sebagai cadangan energi. Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat, dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh saat membutuhkan energi.

Makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, yang dimakan oleh makhluk hidup mendapatkan tenaga dan nutrisi. Sedangkan makanan pokok adalah Makanan pokok adalah makanan yang menjadi gizi dasar. Makanan pokok biasanya tidak menyediakan keseluruhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, oleh karenanya biasanya makanan pokok dilengkapi dengan lauk pauk untuk mencukupkan kebutuhan nutrisi seseorang dan mencegah kekurangan gizi.

Makanan pokok adalah makanan yang menjadi gizi dasar. Makanan pokok biasanya tidak menyediakan keseluruhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, oleh karenanya biasanya makanan pokok dilengkapi dengan lauk pauk untuk mencukupkan kebutuhan nutrisi seseorang dan mencegah kekurangan gizi.

Setiap jenis gizi mempunyai fungsi yang berbeda. Karbohidrat merupakan sumber tenaga sehari-hari. Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi. Protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan, baik otak maupun tubuh. Lemak digunakan oleh tubuh sebagai cadangan makanan dan sebagai cadangan energi. Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat, dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh saat membutuhkan energi.

5 Contoh Jenis Makanan Pokok.

Antara daerah yang satu dengan yang lain berbeda-beda makanan pokoknya, termasuk di Indonesia. Namun demikian ada beberapa syarat makanan dijadikan sebagai makanan pokok :

* mengandung karbohidrat (HA).
* bersifat menyenangkan.
* rasanya netral.
* murah harganya.
* mudah ditanam.
* mudah didapat.
* mudah diolah.
* dapat disimpan lebih lama.

Berikut contohnya:
1. Beras
Merupakan makanan pokok sebagian besar warna negara Indonesia yang dihasilkan dari padi yang ditanam disawah atau di ladang. Di dalam 100 gr mengandung 78,3 gr karbohidrat, 7,6 gr protein, 1,1 gr lemak dan vitamin B1 yang terdapat di bagian luar (kulit ari) beras, terutama banyak di jumpai pada beras tumbuk. Selain dibuat nasi, beras juga dapat dibuat macam-macam makakan seperti ragi tape, tape, beras, tepung beras. Selain itu, padi yang juga memiliki hasil sampingan, yaitu dedak kasar (untuk makanan ternak) dan dedak halus (dapat dibuat snack karena kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral). Katul juga dapat dijadikan makanan ternak, damen (batang dan daun padi yang dikeringkan), sekam (untuk bahan bakar dalam tungku), dan merang (bahan pembuat kertas).

Macam-macam beras berdasarkan pengolahannya :
– Beras porboli beras lebih padat, tidak mudah hancur waktu diproses, kadar nutrisi sedkit, lebih tinggi dari beras selep dan lebih tahan lama.
– Beras kampung (beras tumbuk) butir beras alami, warna tak sjernih dan seputih beras di selep, rasa lebih enak serta nutrisinya lebih tinggi. Jumlah vitamin B2 nya lebih banyak mengandung banyak lemak karena itu tahan lama, tetapi beras alami sulit didapat.
– Beras yang diselep (dipolish) warna putih, kadar nutrisi rendah, mengandung protein, mineral, vitamin, karbohidrat dan lemak sedikit.

Tanda-tanda beras yang baik adalah :

– kering.
– baunya segar.
– tidak mengandung kutu beras.
– biji beras sedikit yang hancur.
– tidak berjamur.
– tidak banyak campuran gabah atau batu kecil.

2. Jagung.
Sebagai makanan pokok, nilai gizi jagung tidak kalah dengan beras. Jagung juga mudah sekali diolah menjadi bahan makanan. jagung bisa diolah menjadi bubur atau bisa dimasak dengan cara dicampur dengan beras.

3. Gandum.
Gandum adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol. Pada umumnya, biji gandum (kernel) berbentuk opal dengan panjang 6–8 mm dan diameter 2–3 mm.

3. Kentang.
Kentang merupakan bahan makanan pokok yang paling tinggi hasilnya jika dihitung dari jumlah kalori yang dihasilkan. Satu kilo kentang cuma menghasilkan kurang dari separuh jumlah kalori beras dengan jumlah berat yang sama.

4. Singkong.
Singkong mengandung karbohidrat yang setara dengan beras. Sedangkan protein dan lemak sangat minim. Cara mengolah singkong bisa dengan direbus langsung atau digoreng atau dikeringkan untuk bisa dijadikan tepung.

5. Kedelai.
Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu olahan kedelai yang terkenal adalah tahu dan tempe. Kedelai juga bisa dijadikan meinuman, air tahu atau air susu kedelai juga memiliki manfaat yang tak kalah dari susu sapi.

Loading...