Jelaskan Fungsi Rambut Akar

Loading...

ASTALOG.COM – Salah satu bagian penting tumbuhan adalah akar. Akar merupan bagian tumbuhan yang arah tumbuhnya ke dalam tanah. Oleh karena itu, umumnya akar berada di dalam tanah. Akar biasanya berwarna keputih-putihan atau kekuning-kuningan. Bentuk akar sebagian besar meruncing pada ujungnya. Bentuk runcing memudahkan akar menembus tanah.

Berbagai bagian akar menyusun sistem akar keseluruhan. Dan sementara mereka bertanggung jawab untuk banyak dukungan dan makanan penyimpanan, penyerapan nutrisi yang sebenarnya berasal dari akar rambut, yang ditemukan di ujung akar. Rambut akar ditemukan dalam jumlah besar di daerah-daerah serta meningkatkan luas permukaan akar.

Bagian-Bagian Akar

Inti Akar

Inti akar adalah bagian akar yang terletak di tengah penampang akar. Inti akar terdiri atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Fungsi inti akar tergantung pada jenis pembuluhnya. Pembuluh kayu berfungsi untuk mengangkut air dari akar ke daun, sedangkan fungsi pembuluh tapis adalah mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan.

Rambut Akar

Rambut akar atau bulubulu akar berbentuk serabut halus. Rambut akar terletak di dinding luar akar. Fungsi rambut akar adalah mencari jalan di antara butiran tanah. Hal inilah yang menyebabkan akar dapat menembus masuk ke dalam tanah. Selain itu, rambut akar juga berfungsi menyerap air dari dalam tanah.

Tudung Akar

Tudung akar adalah bagian akar yang terletak dibagian ujung akar. Fungsi tudung akar adalah untuk melindungi akar pada saat menembus tanah. Pada tudung akar terdapat bagian yang disebut kaliptra.

Kaliptra tersusun oleh sel-sel parenkim hidup yang kadang mengandung pati. Pada kebanyakan tumbuhan, kaliptra membentuk struktur khusus yang disebut kolumela. Fungsi kaliptra yaitu untuk melindungi meristem dan melumasi akar sehingga gesekan antara ujung akar dan butir-butir tanah pada saat akar menembus tanah. Selain itu, zat-zat yang dihasilkan dapat mengatur pola pertumbuhan bagian-bagian akar yang lain.

Fungsi Rambut Akar

Rambut akar adalah struktur yang sangat sederhana dan dapat terjadi di ujung akar dalam ribuan! Mereka pada dasarnya merupakan perluasan dari sel eksternal akar. Mereka berumur sangat pendek dan terus-menerus diganti.

Rambut akar bertindak seperti spons di bawah tanah. Mereka menyerap nutrisi dan air yang dikirim melalui ujung akar tanaman. Karena ada begitu banyak rambut akar pada setiap root, hal ini meningkatkan jumlah air dan nutrisi tanaman dapat menyerap dari tanah.

Rambut akar merupakan perpanjangan dari akar. Sementara akar adalah organisme multiselular yang kompleks, rambut akar sangat kecil, bersel tunggal, dan hanya memperpanjang keluar hanya beberapa milimeter dari akar. Sel-sel akar rambut terus sekarat mati dan digantikan melalui proses pembelahan sel mitosis.

Karena rambut akar sangat kecil, mereka juga sangat halus. Jika Anda pernah mengganti pot tanaman Anda tahu bahwa Anda perlu melakukannya dengan sangat hati-hati dan bahwa Anda harus meminimalkan gangguan dari akar dan tanah di sekitar mereka. Dengan perawatan terlalu sedikit sel-sel akar rambut akan rusak dan dihapus dari tanaman. Hal ini membuat sangat sulit bagi tanaman untuk mendapatkan nutrisi dari tanah yang baru.

Tiga Zona

Bergerak ke atas dan jauh dari ujung akar kita menemukan zona perpanjangan. Di zona ini, sel-sel memanjang, kadang-kadang lebih dari 10 kali panjang aslinya! Ini pemanjangan sel adalah apa yang mendorong ujung akar jauh ke dalam tanah, memberikan dukungan untuk tanaman. Penting untuk dicatat bahwa ketika sel-sel ini memanjang mereka hanya mendapatkan lebih panjang dan tidak lebih luas. Mereka tidak berkembang ke luar ke segala arah.

Bergerak ke atas sekali lagi, kita mencapai zona akhir, zona diferensiasi. Di sinilah sel menjadi khusus untuk berbagai fungsi didalam tanaman. Sel dapat menjadi salah satu dari tiga jenis jaringan: dermal vaskular, atau dasar. Jaringan dermal seperti kulit tanaman – memberikan perlindungan dari kerusakan dan penyakit pada bagian-bagian internal tanaman. Jaringan vaskular menyediakan air dan hara transportasi melalui xilem dan floem. Jaringan dasar adalah jaringan yang lain yang tidak dermal atau vaskular, dan bertanggung jawab untuk fotosintesis, penyimpanan makanan, dan dukungan struktural.

Loading...