Karakteristik Cyanobacteria

ASTALOG.COM – Dalam ilmu Biologi terdapat salah satu jenis bakteri, yaitu Cyanobacteria yang juga dikenal sebagai Cyanophyta. Cyanobacteria adalah sebuah filum bakteri yang mendapatkan kebutuhan energinya melalui fotosintesis.

Penamaan cyoanobacteria sendiri berasal dari warnanya sendiri, yaitu biru atau dalam bahasa Yunani disebut Kyanos. Cyanobacteria sering disebut alga biru-hijau, namun ada pula yang mengklaim bahwa cyanobacteria merupakan organisme prokariotik, sedangkan alga merupakan organisme eukariotik.

 

Cyanobacteria dapat ditemukan pada hampir semua habitat terestrial dan akuatik (laut), air tawar, tanah lembab, batu yang untuk sementara terkena air di gurun-gurun, batu cadas dan tanah di pegunungan, dan bahkan pada bebatuan di Antartika .

Cyanobacteria juga dapat muncul sebagai sel-sel planktonik atau membentuk biofilm fototropis (koloni). Cyanobacteria ditemukan di hampir semua ekosistem endolithik. Beberapa diantaranya merupakan organisme endosimbiosis pada liken, tanaman, bermacam-macam protista, atau spons laut dan menyediakan energi untuk inangnya. Ada juga yang hidup di bulu kungkang, menyediakan suatu bentuk kamulflase.

 

Cyanobacteria akuatik terkenal dengan perkembangannya yang luas dan dapat terlihat jelas, yang dapat terbentuk baik di air tawar ataupun lingkungan perairan laut. Perkembangannya ini dapat berupa bakteri yang berwarna biru-hijau atau kuning-kecoklatan. Namun perkembangannya biasanya mengandung racun, dan seringkali menyebabkan perairan tempat rekreasi ditutup. Bakteriofage laut adalah parasit utama cyanobacteria uniseluler yang hidup di laut.

PELAJARI:  Sifat Penting Negara Kesatuan Menurut C.F Strong

Karaskteristik Cyanobacteria

  • Cyanobacteria merupakan sejenis bakteri dan bukanlah jenis ganggang biru-hijau.
  • Cyanobacteria adalah organisme prokariotik bersel tunggal dan memiliki bentuk/siklus kehidupan yang paling sederhana.
  • Cyanobacteria memproduksi makanannya sendiri dengan cara fotosintesis seperti halnya tanaman lain, tetapi sel cyanobacteria melakukannya dengan cara yang lebih sederhana dan kurang beberapa karakteristik struktural dari organisme eukariotik.
  • Ukuran cyanobacteria jauh lebih kecil dari tanaman, hewan, jamur atau sel protista. Ukuran cyanobacteria biasanya 1/10 hingga 1/20 dari ukuran sel eukariotik.
  • Cyanobacteria memiliki bentuk eksternal yang bulat.
  • Cyanobacteria dapat hidup secara tunggal atau berpasangan, kelompok atau rantai.
  • Seperti halnya pada sel tumbuhan, dinding sel pada cyanobacteria berperan untuk menyediakan struktur sel pada cyanobacteria.
  • Meskipun ukuran dan bentuk cyanobacteria jauh lebih kecil dan sederhana daripada eukariota struktural, namun cyanobacteria lebih besar dan memiliki struktur internal lebih dari virus.
  • Cyanobacteria tidak memiliki organel seperti mitokondria, kloroplas, retikulum endoplasma atau badan golgi yang ditemukan pada sel-sel eukariotik. Ribosom adalah satu-satunya organel dalam sitoplasma cyanobacteria. Struktur ini yang mengandung RNA bertanggung jawab untuk sintesis protein.
  • DNA dalam sel cyanobacteria yang terkandung di dalamnya berbentuk melingkar dengan kromosom lingkar tunggal.
  • Cyanobacteria tidak memiliki inti, sehingga kromosom tidak terikat dalam membran tetapi diadakan di nukleoid, wilayah sel dimana DNA berada.
  • Cyanobacteria tidak bereproduksi dengan mitosis. Dalam hal ini, sel memanjang dan DNA bereplikasi. Kemudian, kromosom menarik terpisah seperti satu sel terbagi menjadi 2 sel dalam proses yang disebut pembelahan biner.
  • Cyanobacteria mengandung klorofil dan produsen. Tidak seperti tumbuhan dan sel, klorofil pada cyanobacteria tidak terkandung dalam kloroplas. Sebaliknya, klorofil diadakan dalam lipatan di membran sel yang disebut thykaloids. Melalui fotosintesis, cyanobacteria menyediakan oksigen dan makanan baik untuk hewan air tawar dan air asin.
PELAJARI:  Daur Hidup Tumbuhan Paku

Peranan Cyanobacteria

  1. Dalam hal ekosistem, cyanobacteria adalah organisme bersel tunggal yang berfotosintesis, berasal energi dari sinar matahari. Cyanobacteria telah hadir di Bumi untuk mungkin selama 4 miliar tahun. Karena kemampuannya untuk menghasilkan oksigen, cyanobacteria memainkan peran penting dalam mengubah komposisi atmosfer planet. Cyanobacteria telah beradaptasi untuk hidup di sebagian besar ekosistem, termasuk yang segar dan air garam, tanah, dan batu.
  2. Cyanobacteria merupakan salah satu bentuk kehidupan paling awal di Bumi. Sekitar 2 – 4 miliar tahun lalu, cyanobacteria mengembangkan kapasitas untuk fotosintesis yang menghasilkan oksigen sebagai produk sampingan. Ketika miliaran cyanobacteria menjamur  pada beberapa tahun silam, karbon dioksida atmosfer yang kaya bumi secara bertahap diubah untuk menyertakan peningkatan jumlah oksigen. Dalam hal ini, cyanobacteria telah menyumbang sekitar 20% – 30% dari fotosintesis di planet ini, dan terus memainkan peran penting dalam komposisi atmosfer.
  3. Cyanobacteria juga memainkan peran kunci dalam pengembangan kehidupan tanaman. Sebuah kloroplas yang ada dalam sel tanaman dan menghasilkan makanan bagi tumbuhan sebenarnya adalah cyanobacteria. Ratusan juta tahun yang lalu, sel-sel tumbuhan berevolusi dengan penghuni cyanobacterium dalam proses yang disebut endosimbiosis. Sama seperti mitokondria pada sel hewan, kloroplas secara genetik unik dari sel induknya.
PELAJARI:  Jelaskan yang Dimaksud Dengan Ideologi?