3 Jenis Tundra

ASTALOG.COM – Dalam ilmu Geografi fisik, tundra adalah jenis bioma dimana pertumbuhan pohon terhambat oleh suhu rendah dan musim tumbuh pendek. Dalam tundra, vegetasi terdiri dari semak kerdil, rumput, lumut, dan lumut. Pohon yang tersebar tumbuh di beberapa daerah tundra. Wilayah batas ekologis antara tundra dan hutan dikenal sebagai garis pohon (timberline).

3 Jenis Tundra

1. Tundra Arktik

 

Tundra Arktik terjadi di ujung belahan bumi utara, tepatnya di bagian utara dari sabuk Taiga. Kata “tundra” biasanya merujuk hanya ke daerah-daerah di mana lapisan tanah yang membeku permanen. Lapisan tanah yang membeku pada tundra meliputi wilayah luas utara Rusia dan Kanada. Tundra kutub adalah rumah bagi beberapa orang yang penggembala rusa sebagian besar nomaden.

Tundra Arktik berisi bidang lanskap mencolok dan beku untuk sebagian besar tahun. Tanah yang membeku pada tundra imi sekitar 25-90 cm ke bawah, dan tidak mungkin untuk pohon untuk tumbuh. Sebaliknya, tanah kosong dan kadang-kadang berbatu hanya dapat mendukung tanaman tumbuh rendah seperti lumut.

PELAJARI:  Jelaskan Pengertian Negara Secara Umum
 

Ada 2 musim utama pada tundra Arktik, yaitu musim dingin dan musim panas di daerah tundra kutub. Selama musim dingin sangat dingin dan gelap, dengan suhu rata-rata sekitar -28°C (-18°F), kadang-kadang mencelupkan serendah -50°C (-58°F). Namun, suhu dingin yang ekstrim di tundra tidak akan turun serendah yang dialami di daerah Taiga yang lebih jauh ke selatan (misalnya, Rusia dan suhu terendah Kanada tercatat di lokasi selatan dari garis pohon).

Selama musim panas, suhu naik sedikit, dan lapisan atas tanah musiman beku mencair, meninggalkan tanah sangat basah. Tundra tercakup dalam rawa-rawa, danau, rawa dan sungai selama bulan-bulan hangat. Suhu umumnya siang hari selama musim panas untuk kenaikan sekitar 12°C (54°F) tetapi sering bisa turun sampai 3°C (37°F) atau bahkan di bawah titik beku. Tundra Arktik terkadang dijadikan sebagai subjek program konservasi habitat.

PELAJARI:  Anarkisme Adalah

2. Tundra Antartika

Tundra Antartika berada di Antartika dan di beberapa pulau Antartika dan sub-Antartika, termasuk Georgia Selatan, Kepulauan Sandwich Selatan, dan Kepulauan Kerguelen. Sebagian besar Antartika terlalu dingin dan kering untuk mendukung vegetasi, dan sebagian besar benua ditutupi oleh bidang es. Namun, beberapa bagian dari benua, terutama Semenanjung Antartika, memiliki area tanah berbatu yang mendukung kehidupan tanaman. Flora pada tundra Antartika terdiri dari sekitar 300-400 lumut, 25 lumut hati, dan sekitar 700 spesies alga darat dan air, yang hidup di daerah yang terkena batu dan tanah di sekitar tepi benua.

2 spesies tanaman berbunga Antartika, yaitu rambut rumput (Deschampsia Antartika) dan pearlwort Antartika (Colobanthus quitensis), ditemukan di bagian utara dan barat Semenanjung Antartika. Berbeda dengan tundra Arktik, tundra Antartika tidak memiliki fauna mamalia besar, karena sebagian besar terkena isolasi fisik dari benua lain. Mamalia laut dan burung laut, termasuk anjing laut dan penguin, mendiami daerah dekat pantai, dan beberapa mamalia kecil, seperti kelinci dan kucing, telah diperkenalkan oleh manusia untuk beberapa pulau sub-Antartika.

PELAJARI:  Struktur Anatomi pada Kulit Manusia

3. Tundra Alpine

Tundra Alpine tidak mengandung pohon karena iklim dan tanah pada ketinggian tinggi pertumbuhan blok pohon. Tundra Alpine berbeda dari tundra Arktik, dimana dalam tundra Alpine biasanya tidak memiliki lapisan es, dan tanah Alpine umumnya lebih baik dikeringkan dari tanah Arktik. Tundra Alpine bertransisi ke hutan sub-Alpine di bawah garis pohon; dimana hutan akan terhambat dan terjadi pada ecotone hutan tundra yang dikenal sebagai krummholz. Tundra Alpine terjadi di pegunungan di seluruh dunia. Flora tundra Alpine ditandai dengan semak kerdil dekat dengan tanah. Iklim dingin tundra Alpine disebabkan oleh suhu udara rendah dan mirip dengan iklim kutub.