Warisan Peninggalan Leluhur yang Harus Kita Jaga

Loading...

Istilah warisan peninggalan leluhur memiliki arti benda bergerak maupun tidak bergerak yang eksistensinya telah muncul sejak orang-orang terdahulu dan masih dapat kita lihat, dengar maupun sentuh hingga kini.

Indonesia sebagai negara yang kaya akan alam dan budaya tentu memiliki banyak warisan peninggalam leluhur yang secara tidak langsung membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang berbudaya dan sangat menjaga kekayaan alamnya.

Beberapa contoh warisan peninggalan leluruh adalah candi, bangunan-bangunan bersejarah seperti bangunan kerajaan, keraton, tempat ibadah, arsitektur yang masih terlihat di beberapa bagian bangunan, alat transportasi kuno, senjata di masa lampau seperti keris, alat musik tradisional seperti gamelan dan masih banyak lagi.

Tak hanya benda-benda tidak bergerak tersebut, warisan peninggalan leluhur juga berupa bahasa daerah, tari-tarian, hasil kerajinan tangan turun temurun, aneka seni rupa dan lain sebagainya.

Tentu tidaklah mudah menyebutkan warisan peninggalam leluhur Indonesia satu persatu karena jumlahnya yang sangat banyak beragam. Itulah bukti betapa kayanya bangsa Indonesia dengan warisan leluhurnya.

Perkembangan jaman tak jarang menggeser eksistensi hal-hal berbau tradisional dan bersejarah di Indonesia. Akan tetapi, hal tersebut dapat dihindari apabila kita turut serta menjaga warisan peninggalan leluruh agar lestari dan dapat dikenal bagi generasi mendatang.

Bagaimana cara kita menjaga kelestarian warisan peninggalan leluhur?

Mengunjungi dan Mempelajari Bangunan-bangunan Bersejarah

Coba ingat kembali, kapan terakhir kita berkunjung ke candi, museum atau bangunan bersejarah lainnya? Sebaiknya luangkan waktumu untuk berkunjung ke bangunan-bangunan bersejarah pada saat liburan atau pun di waktu senggang lainnya.

Saat mengunjungi bangunan warisan budaya, candi misalnya, usahakan juga untuk mempelajari sejarahnya untuk mengenal candi tersebut dengan baik. Banyak sekali sumber untuk mempelajari, baik dengan membaca info sebelum berkunjung maupun menyewa jasa pemandu wisata untuk menjelaskan sejarah tentang candi tersebut.

Menjaga Kebersihan Warisan Peninggalan Leluhur

Tak jarang bangunan-bangunan bersejarah menjadi objek kegiatan perusakan dan pengotoran seperti bangunan yang dicoret-coret dan sampah yang dibuang sembarangan. Jika tidak menjaga kebersihan bangunan tersebut, maka keindahannya pun berkurang dan dapat membuat orang segan untuk berkunjung.

Ikut Serta Melestarikan Warisan Peninggalan Leluhur

Cara lain untuk melestarikan warisan peninggalan leluhur adalah dengan mempraktikannya dalam kesempatan yang kita miliki.

Misalnya dengan belajar setidaknya satu bahasa daerah, mengenal lagu-lagu tradisional, mengikuti kursus menari tradisional dan masih banyak lagi.

Jangan biarkan warisan peninggalan leluhur punah tergerus jaman, karena kitalah yang dapat mencegahnya.

Loading...