Ketahui Manfaat Berkunjung ke Museum

Loading...

Pernahkan kamu pergi ke museum? Jika belum, segera berkunjung museum karena banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat. Jika sudah, coba untuk mengunjungi lebih banyak lagi museum, terutama museum dengan isi yang berbeda, sehinga dapat memperkaya pengetahuanmu.

Museum mungkin belum menjadi objek wisata utama bagi masyarakat kita. Saat liburan, tak sedikit dari kita yang memilih untuk berkunjung ke pusat berbelanjaan, gunung, pantai atau tempat lainnya.

Hal ini mungkin disebabkan oleh kesan museum yang kuno dan membosankan, sehingga baik anak-anak maupun orang dewasa enggan berkunjung ke museum, kecuali karena alasan tertentu seperti tugas dari sekolah ataupun tempat kerja.

Sangat disayangkan jika kita tidak pernah atau jarang berkunjung ke museum, mengingat Indonesia sangat kaya akan sejarah dan budaya yang biasa dilestarikan, salah satunya adalah melalui museum.

Di Indonesia terdapat banyak jenis museum yang menarik untuk dikunjungi, seperti:

  • Museum arkeologi yang berisi artefak akelogis
  • Museum seni yang berisi benda-benda seni seperti lukisan, patung, ukiran dan media seni lainnya
  • Museum sejarah yang memuat peristiwa-peristiwa sejarah dalam bentuk foto, diorama, rekaman film, dan bukti-bukti sejarah lainnya.
  • Museum transportasi yang berisi bermacam-macam jenis transportasi dan sejarah pembuatannya

Beberapa contoh museum di atas merupakan sebagian kecil dari banyaknya jenis museum di Indonesia yang dapat kita kunjungi.

Saat berkunjung ke museum, kita tidak hanya dapat melihat benda-benda yang dipajang, kita juga dapat mengambil banyak manfaat lainnya, seperti berikut.

Memperkaya Pengetahuan dan Informasi

Museum merupakan sumber pengetahuan dan informasi yang berdasarkan fakta dan bukti-bukti sejarah sehingga menjadi sumber informasi yang akurat.

Dengan menngunjungi museum, wawasan, pengetahuan kita akan jauh lebih bertambah.

Sumber Referensi dan Ide

Isi dari museum yang kita kunjungi dapat menjadi referensi dan ide kita untuk berkarya. Itulah sebabnya museum juga dapat menjadi sumber inspirasi melalui informasi dari tokoh-tokoh sejarah, cerita sejarah maupun hasil karya lainnya yang dipajang di museum.

Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Anak

Anak-anak yang penuh dengan rasa ingin tahu, sangat tepat untuk diajak berkunjung ke museum. Dari sejarah dan bukti-bukti peninggalan di masa lampau, anak-anak dapat turut merasakan nuansa kehidupan jaman dahulu dan menjawab rasa ingin tahu mereka.

Meningkatkan Rasa Nasionalisme

Catatan dan bukti sejarah yang dipamerkan di museum bukanlah tanpa tujuan khusus. Melalui informasi-informasi yang kita dapatkan di museum, kita dapat memahami apa yang terjadi di masa lampau dan bagaimana upaya orang-orang terdahulu dalam mewujudkan kemerdekaan seperti yang dapat kita rasakan sekarang.

Hal ini tentu dapat meningkatkan rasa bangga berbangsa Indonesia dengan sejarah dan budayanya yang sangat kaya dan penting untuk dijaga.

Luangkan waktu untuk berkunjung ke museum dengan mengajak anak, keluarga dan teman. Jika kita sering berkunjung ke museum, museum tidak akan lagi sepi pengunjung dan dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar dan menambah wawasan.

Loading...