Tanda-tanda Pemanasan Global

Mungkin isitlah pemanasan global tidak asing lagi bagi kita. Tapi apa sih sebenarnya pengertian dari pemanasan global?

Pemanasan global dikenal sebagai proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, darat dan laut di bumi. Peningkatan suhu global ini dapat menyebabkan perubahan pada kondisi bumi seperti naiknya permukaan air laut akibat es yang mencair, cuaca menjadi lebih ekstrem dan bahkan dapat memberikan dampak buruk pada hasil pertanian, hilangnya gletser hingga kepunahan hewan.

Tanda-tanda Pemanasan Global

Pemanasan global muncul karena beberapa hal, seperti:

  • Efek rumah kaca, saat energi matahari yang berupa panas dipantulkan oleh bumi dan sebagian panasnya teperangkap di atmosfer bumi. Hal ini menyebabkan suhu bumi semakin panas. Efek rumah kaca dapat ditimbulkan oleh transportasi, industri, pertanian, hunian, sampah dan alih fungsi lahan
  • Efek umpan balik. Suhu panas yang semakin meningkat di permukaan bumi dapat membuat es di daratan maupun air di bawahnya meleleh sehingga dapat membuat naiknya permukaan air laut.

Penyebab pemanasan global tersebut saat ini telah menunjukkan akibatnya. Ya, pemanasan global sudah terasa dengan beberapa tanda sebagai berikut.

Terjadinya Kebakaran

Kebakaran hutan dalam skala besar menjadi salah satu tanda pemanasan global. Tidak hanya di Indonesia, kebakaran hutan besar-besaran juga terjadi di Amerika Serikat. Hal ini disebabkan oleh suhu bumi yang semakin meningkat sehingga area hutan lebih kering dan mudah terbakar.

Kondisi Peninggalan Sejarah yang Semakin Buruk

Suhu di bumi yang semakin tinggi juga memberikan efek kerusakan yang cepat pada peninggalan sejarah, seperti artefak, kuil, situs-situs kuno, candi dan lain sebagainya.

Berkurangnya Ketinggian Gunung

Tanda lainnya adalah pegunungan Alpen yang tingginya semaki berkurang. Hal ini disebabkan karena es di puncaknya meleleh sehingga menyebabkan tingginya semakin berkurang.

Musim yang Tiba dengan Tidak Teratur

Pemanasan global juga ditandai dengan perubahan musim yang muncul lebih cepat atau lebih awal.

Di negara empat musim khususnya, sudah terjadi di beberapa negara, musim panas berlangsung lebih lama. Pada beberapa situasi tertentu, suhu yang dirasakan juga lebih ekstrem. 

Misalnya musim panas yang lebih panas dari biasanya, atau musim dingin ekstrem.

Bencana Alam Ekstrem

Perubahan suhu akibat pemanasan global juga turut menyebabkan bencana alam ekstrem seperti banjir, tsunami, longsor hingga angin topan.

Punahnya Hewan

Pemanasan global juga ditandai oleh beberapa jenis hewab yang semakin langka bahkan punah.

Hal ini disebabkan oleh habitat mereka yang berkurang akibat alih fungsi lahan dan perubahan suhu.

Loading...

Loading...