Pertanyaan Essay Tentang Jamur

ASTALOG.COM – Tahuka kamu, jamur bukanlah buah atau sayuran; secara teknis, jamur bahkan bukan tanaman. Jamur sesungguhnya merupakan fungi jenis khusus.

Perbedaan utama antara tanaman dan jamur adalah bagaimana mereka memperoleh energi. Tanaman merupakan autotrof, yang berarti bahwa mereka membuat “makanan” mereka sendiri menggunakan energi dari sinar matahari. Jamur adalah heterotrof, yang berarti bahwa mereka mendapatkan “makanan” mereka dari luar diri mereka sendiri. Dengan kata lain, mereka harus “makan” makanan mereka seperti binatang lakukan. Tapi mereka tidak benar-benar makan. Sebaliknya, mereka menyerap nutrisi mereka.

 

Apa itu Jamur?

Dilansir dari Wikipedia, jamur atau cendawan adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.

 

Reproduksi jamur, ada yang dengan cara vegetatif ada juga dengan cara generatif. Jamur menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya untuk memperoleh makanannya. Setelah itu, menyimpannya dalam bentuk glikogen. Jamur merupakan konsumen, maka dari itu jamur bergantung pada substrat yang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya.

Habitat Jamur

Jamur memiliki habitat yang beraneka ragam sesuai cara hidupnya (saproba, parasit, atau simbiosis mutualisme). Jamur saproba dapat tumbuh subur pada sisa-sisa, organisme, baik yang berada di lingkungan darat, air tawar, maupun air laut. Di lingkungan darat, jamur tumbuh di tempat yang basah atau lembap sehingga jamur tumbuh subur pada musim hujan. Beberapa jenis jamur dapat tumbuh pada lingkungan yang sangat asam atau manis.

Jamur parasit dapat hidup pada organisme dengan berbagai kondisi sel inang, misalnya pada jaringan kulit, organ dalam tubuh, dan berbagai jaringan tumbuhan. Sementara jamur yang hidup secara simbiosis mutualisme (lichen) dapat hidup di lingkungan yang sangat ekstrem, misalnya di daerah kutub yang sangat dingin, di gurun yang sangat panas, pada batuan, atau menempel di pohon-pohon.

PELAJARI:  Sosialisasi Adalah

Para ahli mikologi memperkirakan terdapat sekitar 1,5 juta spesies jamur di seluruh dunia. Jamur yang sudah berhasil diidentifikasi berjumlah lebih dan 100.000 spesies. Ahli taksonomi mengelompokkan berbagai jenis jamur dalam satu kingdom Fungi. Kingdom Fungi dibagi menjadi 4 divisi berdasarkan cara reproduksi secara generatif (seksual), yaitu Zygomycota (menghasilkan zigospora), Ascomycota (menghasilkan askospora), Basidiomycota (menghasilkan basidiospora), dan Deuteromycota (belum diketahui cara reproduksi seksualnya).

Zigospora, askospora, dan basidiospora merupakan spora tak berflagela. Jamur yang menghasilkan spora aktif berflagela (zoospora) dikelompokkan dalam kingdom Protista, pada filum Myxomycota (jamur lendir) dan Oomycota (jamur air). Namun sebagian ahli taksonomi memasukkan Myxomycota dan Oomycota ke dalam kingdom Fungi pada divisi Chytridiomycota dengan alasan memiliki struktur molekuler protein dengan urutan asam nukleat yang hampir sama dengan jamur, memiliki dinding sel dan kitin, dan mengambil nutrisi secara absorpsi. Chytridiomycota bisa dikatakan merupakan jembatan antara protista dengan jamur.

Klasifikasi Fungi

Ragi, kapang, dan mushroom adalah semua jenis jamur. Mungkin ada sebanyak 1,5 juta spesies jamur. Anda dapat dengan mudah melihat jamur roti dan mushroom tanpa mikroskop, tetapi kebanyakan jamur Anda tidak dapat melihat. Jamur yang terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop, atau mereka tinggal di mana Anda tidak dapat melihat mereka dengan mudah-dalam di bawah tanah, di bawah kayu yang membusuk, atau di dalam tanaman atau hewan. Beberapa jamur bahkan hidup, atau di atas, jamur lain.

Para anggota kerajaan Jamur diklasifikasikan dengan cara yang berbeda. Beberapa ahli biologi termasuk jamur lendir dalam kerajaan Fungi bukan dengan Protista. Dalam skema klasifikasi yang paling diterima, jamur benar ditempatkan pada filum / divisi Eumycota dan dibagi menjadi lima kelas utama: Oomycetes, Zygomycetes, Ascomycetes, Basidiomycetes, dan Deuteromycetes.

Oomycetes

Jamur dari kelas Oomycetes umumnya jamur air, sebuah referensi untuk fakta bahwa sebagian besar spesies adalah mahkluk perairan. Selama reproduksi seksual pada ujung hyphae mereka. hyphae terdekat tumbuh ke arah tubuh dan bergabung dengan mereka. Fusi inti mengarah pada pembentukan spora seksual yang disebut Oospora yang berkecambah untuk menghasilkan hyphae baru.

PELAJARI:  Gejala-Gejala Virus Ebola

Dalam proses reproduksi seksual, Oomycetes membentuk sel yang unik yang disebut zoospora. Para zoospora memiliki flagella dan dapat bergerak seperti sel hewan. Oomycetes tertentu menyebabkan penyakit bulai anggur, karat putih kubis, dan penyakit busuk daun kentang. Oomycetes akuatik menginfeksi ikan di akuarium dan alam.

Zygomycetes

Jamur kelas Zygomycetes termasuk jamur sebagian besar terestrial. Karena hifa tidak memiliki dinding silang antara sel-sel, mereka dikatakan coenocytic. Reproduksi seksual pada organisme ini terjadi ketika hyphae berlawanan seksual bergabung dan membentuk spora yang disebut zygospores.

Seorang anggota umum dari kelas ini adalah kapang roti Rhizopus stolonifer. Jamur ini membentuk miselium putih atau abu-abu pada roti. Sporangia yang berisi spora aseksual dapat dilihat memanjang ke udara. Salah satu spesies Rhizopus digunakan untuk fermentasi beras sake, dan spesies lain yang digunakan dalam produksi kortison.

Ascomycetes

Anggota kelas Ascomycetes yang beragam. Mereka berkisar dari ragi uniseluler ke Jamur embun tepung, jamur kapas, dan jamur besar kompleks “cangkir”. Dalam keduanya, hyphae yang padat dan membentuk struktur berbentuk cangkir.

Selama reproduksi seksual, ascomycetes membentuk kantung yang disebut ascus. Ascus membentuk hyphae di mana berlawanan seksual telah menyatu. Dalam sejumlah kantung bentuk ascospores, dan masing-masing dapat mereproduksi seluruh jamur.

Dalam kelas Ascomycetes adalah ragi Saccharomyces. Organisme ini digunakan dalam proses fermentasi atau membuat kue. Produser penisilin, Penicillium, juga di kelas ini, seperti Aspergillus penghasil asam sitrat, kecap, dan cuka. Kastanye dan penyakit hawar elm Belanda disebabkan oleh ascomycetes.

Basidiomycetes

Anggota kelas Basidiomycetes dikenal sebagai jamur klub. Mereka termasuk jamur yang umum, jamur rak, puffballs, dan jamur berdaging lainnya. Spora seksual yang disebut basidiospora dibentuk di seperti klub struktur yang disebut basidia (tunggal adalah basidium).

Mungkin anggota paling akrab kelas ini adalah jamur merang. Miselium terbentuk di bawah tanah. Setelah hifa telah menyatu, topi jamur muncul. Bentuk Basidia di bagian bawah topi sepanjang insang, dan basidiospora terbentuk di basidia. Beberapa jamur dapat dimakan, sementara beberapa yang beracun, dan mereka mirip dalam bentuk dan wujud.

PELAJARI:  Mengapa Pelayaran Magelhaens Dianggap Penting?

Basidiomycetes juga menyebabkan penyakit pertanian, termasuk karat dan penyakit mesum. Penyakit ini mempengaruhi jagung, blackberry, dan sejumlah biji-bijian seperti gandum, oat, dan gandum hitam.

Deuteromycetes

Mereka jamur yang tidak memiliki siklus reproduksi seksual dikenal diklasifikasikan sebagai Deuteromycetes. Jamur ini hanya mereproduksi oleh proses aseksual, sejauh yang diketahui. (Ketika tahap seksual seperti organisme yang ditemukan, jamur biasanya direklasifikasi.)

Banyak patogen manusia saat ini diklasifikasikan sebagai Deuteromycetes. Organisme ini berkembang biak dengan memecah-belah, dengan segmen hyphae biasa ditiup debu oleh arus dan angin. Sebuah deuteromycete akrab adalah jamur kaki atlet, yang dapat diambil dari fragmen di handuk dan lantai kamar mandi.

Bagaimana struktur tubuh jamur?

Bagian tubuh yang paling penting dari jamur meliputi:

– Dinding sel: Sebuah lapisan sekitar membran sel sel jamur dibuat sebagian besar dari kitin dan polisakarida lainnya. Hal ini mirip dengan yang ditemukan dalam sel tanaman, meskipun dinding sel tanaman mengandung selulosa polisakarida.
– Hifa: Ini adalah untaian seperti benang yang saling interkoneksi dan banyak menjadi miselium (Gambar di bawah). Pernah melihat jamur pada dinding lembab atau roti tua? Hal-hal yang Anda lihat benar-benar miselia. Hifa dan miselium jamur membantu menyerap nutrisi dari organisme lain. Sebagian besar miselium tersembunyi dari pandangan jauh di dalam sumber makanan jamur, seperti materi membusuk dalam tanah, serasah daun, kayu busuk, atau hewan yang mati.
– Struktur khusus untuk reproduksi: Salah satu contoh adalah tubuh buah. Sebuah jamur mushroom menghasilkan tubuh buah, yang merupakan bagian dari jamur yang menghasilkan spora (Gambar di bawah). Spora adalah unit dasar reproduksi jamur. Miselium tetap tersembunyi sampai mengembangkan satu atau lebih tubuh buah.