Pengertian dan Fungsi Nutrisi

ASTOLOG.COM – Untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat, tentunya kita harus mengatur pola makan yang teratur. Makan yang mengandung nutrisi yang banyak, seperti 4 sehat 5 sempurna. Artikel kali ini akan menmbahas mengenai nutrisi.

Pengertian Nutrisi

 

Nurisi di sebut juga zat Gizi. Nutrisi adalah zat dalam makanan yang dibutuhkan organisme untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan fungsinya. Nutrisi di peroleh dari hasil pemecahan makanan oleh sistem pencernaan. Dan seringkali di sebut dengan istilah sari-sari makanan. Nutrisi terbagi dalam 2 golongan, yaitu makronutrisi dan mikronutrisi.

 

Makronutrisi

Makronutrisi adalah adalah nutrisi yang di butuhkan tubuh dalam jumlah yang besar dan biasanya berfungsi sebagai sumber energi. Yang termasuk makronutrisi adalah:

Karbohidrat. Contoh makanan sumber karbohidrat: beras, gandum, singkong, kentang, dll
Protein. Contoh makanan sumber protein: susu, telur, daging, ikan, kacang-kacangan, dll
Lemak. Contoh makanan sumber lemak: susu, telur, kacang-kacangan, kelapa, dll

PELAJARI:  Proses Pembentukan Spermatozoa Disebut Dengan?

Mikronutrisi

Mikronutrisi adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit dan berfungsi untuk mendukung proses metabolisme tubuh. Yang termasuk kedalam mikronutrisi adalah:

Vitamin. Contoh makanan sumber vitamin: Buah-buahan, sayur-sayuran, dll
Mineral. Contoh makanan sumber minderal: buah-buahan, sayur-sayuran, dll
Air. Air di temukan dalam bentuk sejatinya atau dalam semua jenis bahan pangan meski dalam kosentrasi yang sedikit.

Walaupun hampir semua jenis makanan mengandung setidaknya 1 atau semua jenis makronutrisi, tetapi tidak semua makanan mengandung mikronutrisi. Karena itu kedua jenis makanan ini harus di padukan agar di peroleh nutrisi yang di butuhkan tubuh. Nutrisis dalam jumlah yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan akan memberikan energi bagi tubuh untuk dapat tumbuh dan berkembang serta memperbaiki jaringan yang rusak.

PELAJARI:  Dataran Tinggi yang Dijuluki Atap Dunia

Kekurangan nutrisi akan membuat tubuh organisme tidak tumbuh dan berkembang sesuai dengan takdirnya, bahkan dapat menyebabkan penyakit hingga berakhir dengan kematian. Terganggunya proses metabolisme tubuh merupakan gejala awal kekurangan nutrisi.

Zat gizi mempunyai fungsi penting yang antara satu dengan yang lainnya saling mendukung dan bekerja sama untuk tetap menjaga agar tubuh dapat memperoleh pasokan yang di butuhkan. Beberapa jenis nutrisi dapat menjadi penganti bagi yang lainnya. Meski hal ini tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan. Kebutuhan nutrisi harus di penuhi oleh nutrisi yang bersangkutan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Berikut ini adalah beberapa fungsi nutrisi bagi tubuh.

Fungsi Nutrisi

PELAJARI:  Sosialisasi Primer dan Sosialisasi Sekunder

Berikut ini, fungsi nutrisi yaitu:
– Sumber energi
– Pendukung dan pengatur proses metabolisme
– Menjaga keseimbangan metabolisme
– Pembentuk sel-sel jaringan tubuh
– Memperbaiki sel-sel yang rusak
– Mempertahankan fungsi organ tubuh, dll

Untuk mendapatkan asupan nutrisi di perlukan makanan yang baik, sehat dan begizi. Karena makanan yang baik, sehat dan begizi akan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit, manjaga kebugaran tubuh dan stabilitas emosi serta mendukung terciptanya kehidupan yang berkualitas. Untuk mendapatkan asupan gizi yang seimbang maka di perlukan pola makan yang benar.