Ciri-Ciri Makanan yang Sehat

ASTALOG.COM – Agar dapat hidup sehat tanpa adanya gangguan penyakit, maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang sehat pula. Untuk itu, kita perlu mendapatkan pasokan energi dan berbagai zat penting yang mendukung metabolisme tubuh melalui makanan. Sehingga kita dapat melakukan berbagai aktivitas setiap harinya. Artikel kali ini akan membahas mengenai ciri-ciri makan yang sehat.

Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung berbagai zat/nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Konsep makanan dasar adalah mengutamakan kualitas makanan dibandingkan kuantitasnya. Makanan sehat dianjurkan bagi orang kaya saja dengan anggapan bahwa orang kaya akan lebih mudah mengkonsumsi atau mendapatkan asupan gizi dari makanan yang berkualitas, padahal tidak demikian.

 

Makanan sehat sangat mudah didapatkan, sayangnya kita kurang memperhatikan hal apa saja yang menunjukkan bahwa makanan tersebut sehat ataupun tidak. Yuk simak artikel berikut ini.

 

Ciri-Ciri Makanan Sehat

1. Makanan Non MSG dan Sedikit Garam

Sebaiknya Kita membatasi konsumsi makanan yang mengandung MSG seperti makanan ringan buatan pabrik. Cermati juga makanan yang mengandung Sodium atau Natrium karena merupakan jenis garam yang kurang bagus terutama untuk penderita hipertensi.

Makanan yang mengandung MSG memang memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat. Namun konsumsi makanan dengan MSG kurang bagus untuk kesehatan jangka panjang. Dampak buruk pemakaian MSG ini sampai sekarang masih menjadi perdebatan.

PELAJARI:  Sebutkan Jenis dan Fungsi Hormon Yang Berperan Dalam Proses Menstruasi

2. Sedikit Minyak Goreng

Makanan yang digoreng dengan minyak suhu tinggi akan membuat gizi alami yang terdapat dalam makanan rusak. Menggoreng makanan dengan minyak jelantah atau minyak goreng yang sudah pernah dipakai, membuat kandungan lemak trans dan radikal bebas dalam makanan meningkat. Dampaknya memang tidak muncul seketika,namun suatu saat bisa menyebabkan sebuah Kanker.

3. Mengandung Serat yang Cukup

Gado-gado, urap, rujak merupakan jenis makanan yang bisa kita masukkan dalam menu makanan sehari-hari. Mengonsumsi lalapan dan sayuran yang dikukus juga baik untuk memenuhi kebutuhan serat Anda setiap hari. Untuk mendapatkan tambahan serat, biasakan mengkonsumsi buah yang kaya kandungan serat sehabih makan sebagai pencuci mulut.

4. Sedikit Bahan Pengawet

Makanan kemasan buatan pabrik umumnya menggunakan bahan pengawet, termasuk kaldu instan. Bahan pengawet yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Konsumsi makanan segar dan makanan yang baru saja dimasak lebih baik daripada makanan cepat saji yang menjadi awet karena zat kimia tertentu.

PELAJARI:  Penyakit Usus Buntu Disebabkan Oleh?

5. Tidak Menggunakan Santan

Makanan bersantan seperti opor,soto,dan rendang mengandung kolestrol tinggi. Hati-hati menyantap makanan bersantan seperti itu,karena jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh akan meningkat.

Dampak konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi akan muncul beberapa tahun mendatang,misalnya penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dan berbagai penyakit jantung.

6. Cukup Matangnya

Makanan setengah matang seperti ikan bakar,sate, dan acar juga perlu diperhatikan,terutama bagi ibu hamil karena sama halnya dengan makanan mentah,bakteri atau virus berbahaya pada makanan setengah matang mungkin belum mati.

7. Lemak Hewani Secukupnya

Makanan sebaiknya mengandung lemak hewani secukupnya saja. Artinya, porsi lauk yang kita makan tidak perlu banyak seperti pada saat makan steak dimana porsi daging lebih banyak daripada sayuran dan nasi atau kentang. Sepotong ikan atau telur serta tempe dan tahu sudah cukup untuk satu kali makan.

8. Hindari Makanan yang Terlalu Pedas

Makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Pada sebagian orang, makanan yang terlalu pedas akan menyebabkan sakit perut atau sakit maag. Anda boleh saja makan makanan pedas, tetapi jangan terlalu pedas. Selain dapat membahayakan pencernaan, makanan terlalu pedas juga akan membuat penampilan anda berantakan akibat produksi keringat yang berlebihan.
9. Makanan sehat adalah makanan yang mempunyai komposisi antara protein, lemak dan karbohidrat seimbang.

PELAJARI:  Apakah Nama Saluran Yang Menghubungkan Telinga Bagian Tengah Dengan Rongga Mulut?

10. Didalamnya harus terdapat kandungan air dan garam mineral.

11. Vitamin juga harus ada dalam kandungan makanan sehat tersebut.

12. Asam amino seperti misalkan saja arginine, valin, metionin, threonine, isoleusin, leusin, penilalanin, histidin, triptofan, lisin. Dalam makanan sehat pastikan ada ke sepuluh asam amino tersebut.
13. Kandungan kalori juga harus ada dalam makanan sehat.

14. Jumlah tidak berlebihan akan tetapi cukup saja.

15. Makanan yang sehat itu adalah makanan yang mudah di cerna.

16. Steril atau higenis, tentunya ini adalah syarat mutlak yang harus ada pada makanan sehat.

17. Memiliki rasa yang enak dan agar lebih menarik, di hadirkan dengan presentasi makanan yang baik.

18. Sekedar informasi saja, makanan yang cukup panas bisa mengakibatikan kunyahan tidak sempurna karena mulut akan kepanasan dan makanan panas dapat berpotensi untuk merusak gigi. Jadi mungkin ada baiknya jika makanan sehat anda di sajikan jika makanan tersebut sudah tidak panas.