Fungsi Rambut Pada Kulit

ASTALOG.COM – Rambut adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis.

Rambut di kepala membuat kita tetap merasa hangat. Rambut (terkadang kita sebut bulu) di hidung, kuping, dan sekitar mata melindungi organ-organ tersebut dari debu dan partikel-partikel lainnya. Alis dan bulu mata melindungi mata dengan cara mengurangi cahaya dan partikel yang mungkin menerpa organ penglihatan tersebut. Demikian juga dengan rambut-rambut halus yang ada di tubuh yang menyediakan kehangatan dan perlindungan bagi kulit. Rambut juga menjadi bantalan yang melindungi tubuh dari luka.

 

Setiap helai rambut memiliki tiga lapisan, yaitu medula di bagian lembut di tengah, korteks yang melingkari medula dan merupakan bagian utama rambut, serta kutikula yaitu bagian luar yang keras dan bertugas melindungi batang rambut.

Pertumbuhan Rambut

Proses pertumbuhan rambut dimulai dengan pembentukan sel-sel baru di bagian akar rambut. Sel-sel tersebut kemudian membentuk batang yang kemudian tumbuh ke luar kulit. Saat tumbuh ke luar, sel-sel itu berhenti menyerap nutrisi dan mulai menghasilkan keratin (sejenis protein). Proses ini dinamai keratinisasi. Saat keratinisasi, sel-sel rambut pun mati. Bersama keratin, sel-sel mati itu kemudian membentuk batang rambut.

PELAJARI:  Bioteknologi Modern dan Konvensional
 

Sebenarnya, rambut tumbuh lebih cepat di cuaca panas dibanding di cuaca dingin, tumbuh lebih lambat di malam hari daripada siang hari.

Setiap helai rambut tumbuh sepanjang 6 milimeter dalam satu bulan dan akan tetap bertumbuh hingga 6 tahun. Lalu rambut akan rontok dengan sendirinya dan kemudian digantikan oleh rambut baru.

Panjang rambut seseorang tergantung pada fase pertumbuhan folikelnya. Folikel biasanya aktif sekitar 2 hingga 6 tahun, lalu kemudian beristirahat selama 3 bulan. Bila folikel tidak lagi aktif dan tidak memproduksi rambut baru, maka kebotakan akan terjadi.

Fungsi Rambut

Fungsi rambut adalah melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin. Sedangkan rambut yang ada di kepala kita, berjumlah tidak kurang dari 100.000 helai rambut dan setiap helai tumbuh dalam waktu 2 hingga 6 tahun. Tetapi rambut akan mengalami kerontokkan setiap hari 50 hingga 100 helai tetapi rambut baru akan tumbuh.

1. Pada Mata
Fungsi alis mata selain untuk keindahan dan kecantikan adalah untuk menahan keringat dan hujan yang mengenai dahi kemudian ke mata. Alis mata juga dapat memperdalam karakter wajah Anda sesungguhnya.

PELAJARI:  Konsep Kewarganegaraan Digital dan Komponennya

2. Pada Hidung
Dengan adanya rambut pada hidung, maka bakteri, jamur, debu ataupun spora yang masuk kedalam hidung akan terhambat dan tersaring. Tidak hanya itu saja, rambut pada hidung juga berfungsi meningkatkan kelembaban udara yang dihirup. Hal ini sangat penting untuk proses respirasi lanjutan.

3. Kumis dan Janggut
Fungsi kumis dan jenggot itu adalah sebagai tanda kelamin sekunder buat lelaki yang udah baligh (dewasa), atau dengan kata lain sebagai salah satu pembeda antara lelaki dan wanita…

4. Ketiak
Seperti halnya rambut badan yang lain, rambut pada ketiak biasanya mulai tumbuh pada masa pubertas dan pertumbuhannya biasanya sampai pada akhir usia remaja yakni 18-20 tahun. Perembesan feromon dari ketiak pada tingkat perkembangan manusia menunjukkan kaitan antara rambut ketiak dengan keseksualan. Respons positif terhadap rangsangan olfaktori di dalam mamalia dan desakan seks yang kuat yang disebabkan oleh perembesan feromon memberi petunjuk yang berguna mengenai tujuan dan kepentingan rambut ketiak kepada manusia.

Pernah dikatakan bahawa rambut itu sendiri bertindak sebagai sifat “anti-geseran” semula jadi antara lengan atas dengan toraks. Lebih penting lagi, rambut ketiak secara semula jadi mengusir kelembapan dari kulit yang membantu kulit supaya cukup kering bagi mencegah berkembangnya bakteria yang mengeluarkan bau.

PELAJARI:  Jelaskan Latar Belakang Berkembangnya Agama Buddha!

5. Pada Dada dan Perut
Seperti halnya kumis dan jenggot fungsi rambut pada dada dan perut (biasanya terdapat pada lelaki) adalah sebagai tanda kelamin sekunder buat lelaki yang udah baligh (dewasa)…

6. Pada Tangan dan Kaki
Fungsi rambut kaki dan tangan adalah sebagai alat sensor yang paling mujarab. Misal kaki kita berjalan disemak belukar. Hal yang ter-respon oleh kaki kita adalah banyak. Mulai tumbuhan yang bikin gatal atau bisa merespon kalo ada ulat..!!!

7. Pada Kemaluan
Rambut kemaluan adalah rambut yang terletak pada bagian depan dan juga di sekitar alat kelamin. Meskipun rambut-rambut halus sudah tumbuh sejak masa kecil, biasanya rambut kemaluan baru benar-benar tumbuh pada masa dewasa, akibat dari efek meningkatnya hormon androgen di daerah kulit sekitar alat kelamin.

Berbagai teori menyatakan bahwa fungsi dari rambut kelamin adalah:
– Memberikan kehangatan
– Indikasi visual dari kematangan seksual
– Pengumpulan dari pengeluaran feromon
– Mengurangi gesekan luar saat hubungan seksual
– Pelindung wilayah yang ditumbuhi rambut kemaluan, karena wilayah ini sensitif