Sangat Penting! Ketahui Teks Ulasan Secara Jelas

Loading...

ASTALOG.COM – Teks ulasan adalah suatu teks yang ditulis secara terperinci yang dilakukan seseorang dengan hasil pengamatan, penilaian serta mengumpulkan suatu data dari karya seseorang baik fiksi maupun non fiksi. Teks ini juga banyak diketahui dengan nama lain adalah review teks atau juga lebih mirip dengan resensi. Tentunya sahabat Astalog.com juga akan mendengar mengenai beberapa hal tentang teks ulasan atau resensi pada suatu karya khususnya novel.

Hal ini juga sering dibahas pada SMA kelas 11 yang mana kita sering sekali diberi tugas oleh guru untuk membuat teks ulasan. Berikut beberapa tips yang jitu dalam membuat dan mengenal teks ulasan secara lebih jauh.

  • Sesuai dengan tujuan teks ulasan.

Tujuan utama teks ulasan tak lain adalah mempermudah pembaca atau mereka yang minat dengan buku tersebut mencerna secara keseluruhan dan menyimpulkan sebelum membaca secara lengkap mengenai resensi buku tersebut. selain itu ada pula beberapa buku yang dinilai cukup mahal untuk dibeli masyarakat umum sehingga cukup membaca resensi mereka memiliki gambaran mengenai isi dari buku tersebut. selain itu bagi teman-teman Astalog.com yang berminat melakukan resensi sebuah novel ternyata ada beberapa publishing yang dapat menampung resensi terbaik anda dan menukar resensi ada dengan buku yang anda resensi alias mendapatkan buku gratis. Ini juga menguntungkan bukan.

  • Mengetahui jenis teks ulasan.

Ada beberapa macam teks ulasan atau resensi seperti hal sebagai berikut dibedakan menjadi 3 yaitu informatif, deskriptif dan kritis. Ketiga hal ini berbeda makna tetapi saling berkaitan. Seperti deskriptif sendiri lebih mengulas pada karya fiksi pada umumnya dan dijelaskan secara lebih rinci agar pembaca mampu memahami gambaran deskriptif sendiri. Sedangkan untuk informatif hanya dilakukan dengan singkat, padat dan jelas yang mana teks ini lebih bertujuan sebagai promosi karya agar si pembaca penasaran dan akhirnya membeli buku tersebut atau menonton sebuah film tersebut. sedangkan kritis lebih berisi argumen yang dimulai dengan penilaian secara jujur baik maupun buruk dari karya tersebut.

Itulah beberapa hal yang penting dan detail ketika sahabat Astalog.com diberikan tugas membuat teks ulasan dan membedakan teks ulasan tersebut.

 

Loading...