Apa Sih Gizi Seimbang?

Loading...

ASTALOG.COM – Gizi seimbang, pastinya sahabat astalog.com sudah mendengar bukan mengenai gizi seimbang yang juga suda digadang-gadang oleh pemerintah. Gizi seimbang adalah asupan makanan atau nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dalam porsi sesuai dengan kebutuhan atau energi yang kita keluarkan dan tentunya mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang cukup, tak lupa juga mengandung sedikit lemak sebagai bahan bakar asupan energi tubuh setiap harinya.

Tentunya setiap orang mendambakan gizi seimbang, bahkan gizi seimbang bagi seseorang adalah gizi yang wajib dipenuhi untuk proses metabolisme tubuh berjalan dengan lancar. Disini saya akan membahas mengenai gizi seimbang yang biasanya keluar dalam mata pelajaran penjaskes kelas 11 SMA ya, berikut simak penjelasan Profesor Asta mengenai gizi seimbang.

  1. Penuhi kalori sesuai kebutuhan tubuh.

Dalam gizi seimbang kalori yang dibutuhkan tubuh dapat dihitung menggunakan rumus tertentu yang biasanya dipelajari oleh ahli gizi, biasanya kaum awam hanya memahami apa saja makanan yang mengandung kalori seimbang dan bagus bagi kesehatan tubuh, khususnya kalian yang masih remaja yang membutuhkan asupan makanan bernutrisi. Pemenuhan kalori tubuh dengan selalu mengutamakan sarapan di pagi hari dan minum air putih yang cukup sebagai energi untuk aktivitas seharian.

  1. Tidur yang cukup.

Sahabat Astalog.com, ternyata tidur yang cukup juga sangat mempengaruhi penyerapan gizi ke dalam tubuh. Rata-rata tidur manusia berkualitas adalah 6-8 jam perhari, yang mana ini dapat dilakukan di malam hari dengan kualias tidur nyenyak tanpa mimpi. Hal ini akan berpengaruh dengan aktivitas keesokan hari.

  1. Olahraga yang cukup.

Ini juga sangat penting ya sahabat Astalog.com, selain istirahat olahraga juga membuat antibodi menjadi semakin kuat dan badan menjadi lebih sehat, hal ini tentunya akan mempengaruhi berbagai kegiatan yang akan kamu lakukan apabila olahraga minimal 1 kali dalam seminggu dilakukan.

  1. Hindari konsumsi makanan cepat saji.

Makanan cepat saji akan menghambat proses metabolisme dan berujung pada diabetes serta obesitas, untuk itu lebih baik segera hindari makanan cepat saji dan pilih makanan buatan rumah khususnya buatan ibu sahabat Astalog. Com ya.

Itulah beberapa hal mengenai lingkup gizi seimbang yang dapat diterapkan di rumah dan di sekolah serta semoga membantu sahabat astalog.com ya.

Loading...