Karakter Warna dan Efek Psikologis pada Manusia

Loading...

Menurut Kamus Besar Bahasa Indoneisa (KBBI), warna adalah kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang dipantulkan dari benda-benda yang dikenalinya.

Warna juga kita kenal dan sukai karena keindahannya. Tetapi tahukah kita jika setiap warna memiliki karakter dan menimbulkan efek psikologis pada manusia? Yuk simak ulasannya.

Putih

Putih adalah lambang kemurnian, kesucian, kepolosan serta merupakan warna netral. Seperti yang kita sering lihat di rumah sakit atau tempat kesehatan lainnya, warna putih sangat sering digunakan dan mendominasi. Mengapa demikian?

Warna putih yang melambangkan kemurnian dan kesucian dipercaya mampu memberikan rasa tenang dan menyembuhkan rasa sakit. Selain itu, warna putih juga memberikan efek luas dan simpel sehingga cocok bagi orang yang menyukai kesan minimalis.

Hitam

Warna hitam melambangkan karakter misterius, maksulin dan berkuasa. Tak jarang jika hitam juga dihubungkan dengan kesan suram dan sedih. Itulah sebabnya warna hitam dapat memberikan efek suka, sedih dan dramatis.

Akan tetapi, jika digunakan dengan tepat maupun dipadukan dengan warna lain, hitam dapat memberikan kesan elegan dan mewah.

Biru

Seperti warna hitam, warna biru juga kental dengan kesan elegan. Akan tetapi sedikit berbeda karena biru merupakan salah satu dari warna mencolok lainnya yang dapat menimbulkan kesan dingin.

Efek psikologis yang dihasilkan warna biru adalah rasa percaya diri, damai dan tenang.

Merah

Merah adalah salah satu warna mencolok yang menjadi warna favorit banyak orang. Merah sangat erat kaitannya dengan kesan berani, penuh energi, rasa cinta dan kuat. Itulah sebabnya lambang cinta biasanya berwarna merah.

Di Tiongkok, warna merah merupakan lambang kebaikan dan keberuntungan. Selain itu, warna merah yang memberikan efek psikologis peringatan dan menarik perhatian, digunakan dalam berbagai logo dan rambu lalu lintas.

Hijau

Hijau merupakan warna yang mewakili alam. Efek tenang, damai, rileks juga dihasilkan oleh warna hijau. Itulah sebabnya warna hijau adalah salah satu warna yang dipercaya dalam meringankan rasa depresi dan tekanan pada jiwa seseorang.

Warna hijau biasa kita temui pada seragm dan kain yang digunakan di ruang operasi karena memberi efek tenang dan tempat-tempat yang ingin memberi kesan alami dan relaksasi.

Kuning

Kuning sangat identik dengan keceriaan, energi, kebahagiaan dan antusiasme. Warna yang paling banyak menangkap cahaya ini juga sering digunakan dalam benda-benda yang terkait dengan dunia anak-anak karena menimbulkan kesan ceria, seperti sifat anak-anak.

Loading...