Bagaimana Cara Membuat Teks Laporan

 

Yang dimaksud dengan teks laporan adalah teks yang berisikan suatu klasifikasi didasarkan atas kriteria tertentu yang memiliki sifat global atau universal.

Teks ini cenderung memberikan tekanan kepada pengelompokan tentang beberapa hal ke dalam suatu jenis. Teks ini erat hubungannya dengan kondisi dalam sebuah kelas dan subkelas yang terselip di dalamnya.

Kaidah Kebahasaan Terhadap Teks Laporan Hasil Observasi

Kaidah yang terkandung di dalamnya adalah sebagai berikut :


1/Mengaplikasikan kalimat – kalimat definisi

Ini bisa dideskripsikan dengan pengaplikasian kata ‘adalah’ di dalam pernyataan – pernyataan umum yang menjelaskan tentang pengertian atau definisi dari aspek yang akan dibahas.

Contohnya adalah ‘Kemangi atau basil adalah salah satu jenis tanaman perdu yang memiliki daun berbentuk kecil. Mengeluarkan aroma khas seperti aroma jeruk limau yang lembut.

 

2/Mengaplikasikan kata hubung atau konjungsi

Konjungsi atau kata hubung umumnya digunakan sebagai penghubung diantara beberapa suku kata dalam membentuk sebuah kalimat.

Kata hubung yang dimaksudkan adalah ‘dan, atau, yang, untuk, dengan’ dan lain sebagainya. Contoh dalam pengaplikasian sebuah kalimat adalah ‘Kemangi atau basil adalah salah satu jenis tanaman perdu yang memiliki daun berbentuk kecil.’

PELAJARI:  Apa Yang Dimaksud Puisi?

3/Mengaplikasikan kalimat yang bersifat simpleks dan kalimat yang bersifat kompleks.

Yang dimaksudkan dengan kalimat simpleks adalah sejenis kalimat yang memakai satu verba dinyatakan dalam hal – hal yang berhubungan dengan aksi (peristiwa atau keadaan) atau biasa disebut dengan istilah kalimat tunggal.

Contohnya adalah ‘Setelah tercampur dan dingin, kembali peras – peras daun kemangi untuk diambil airnya saja.’

Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri dari beberapa struktur (dua struktur) atau lebih dengan menggunakan dua verba. Contohnya adalah ‘Daun kemangi bisa bermanfaat sebagai toner yang dapat digunakan membersihkan wajah sebelum tidur di waktu malam hari.’

4/Mengaplikasikan antara sinonim dan antonim

Di dalam satu kalimat atau sebuah paragraf biasanya memiliki sinonim atau antonim. Contoh sinonim yang diaplikasikan dalam kalimat adalah sebagai berikut: ‘Daun kemangi berguna sebagai daun herbal yang berpengaruh bagus untuk menjaga kesehatan kulit seperti vitamin A, B, dan C memberikan manfaat baik untuk kulit wajah.’

PELAJARI:  5 Alasan Mengapa Kamu Harus Suka Bahasa Inggris

Sedangkan contoh antonim adalah ‘Daun kemangi bisa disulap menjadi toner yang berguna untuk membersihkan wajah sebelum tidur atau setelah tidur.’

5/Mengaplikasikan data

Data – data yang digunakan biasanya berupa angka yang pasti untuk dapat menunjukkan ukuran suatu bahan yang akan diaplikasikan. Contohnya adalah ‘Bahan yang dipakai adalah 120 gr dari daun kemangi ditambah 210 ml air panas.’

Beberapa Langkah Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Di bawah ini kami berikan beberapa langkah dalam membuat teks laporan hasil observasi antara lain sebagai berikut :

  • Tentukan tema dan tujuan dilakukannya kegiatan observasi.
  • Mulai melakukan proses observasi. Seperti menyusun kriteria aspek yang akan dilaporkan. Observasi yang dilakukan termasuk ke dalam mendapatkan data – data, kita diwajibkan menyusun kriteria terhadap aspek yang akan dibahas nanti. Lalu mulai dideskripsikan untuk dilaporkan dalam teks laporan hasil observasi.
  • Membatasi aspek yang hendak dilaporkan. Kita wajib membuat batasan terhadap aspek – aspek apa saja yang harus dilaporkan agar tidak keluar dari tujuan yang sudah dibuat.
  • Mulai mendeskripsikan unsur – unsur yang jelas sesuai dengan aspek bersangkutan. Bisa dimulai dengan mendefinisikan atau mengartikan aspek apa yang akan dipilih berupa pernyataan umum. Gunakan juga kaidah kebahasaan dalam kalimat definisi.
  • Melengkapi teks laporan dari hasil observasi terhadap data dan gambar lalu membuat simpulan hasil observasi.
PELAJARI:  Struktur, Ciri dan Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Soal

Contoh soal yang menjelaskan tentang deskripsi tersebut di atas adalah sebagai berikut :

Teks laporan hasil dari observasi merupakan:

A/Teks yang berisikan tentang laporan

B/Teks yang memuat tentang klasifikasi tentang jenis dari sesuatu berdasarkan atas kriteria tertentu yang memiliki sifat global atau universal.

C/Teks yang berisikan jenis – jenis observasi.

D/Teks yang berisikan tentang jenis – jenis laporan.

E/Teks yang memuat tentang topik – topik khusus.

Jawaban yang benar adalah : B.

Pembahasannya adalah sebagai berikut : teks laporan hasil observasi merupakan teks yang khusus memuat tentang klasifikasi mengenai jenis – jenis sesuatu berdasarkan atas kriteria tertentu yang memiliki sifat global atau universal.

Nah selain pilihan B tersebut di atas bukanlah termasuk ke dalam pengertian dari teks laporan hasil observasi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang bagaimana cara membuat teks laporan. Semoga bermanfaat.