Siapa Pendiri ASEAN?

ASTALOG.COM – Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan Sebuah Organisasi Geo-Politik Dan Ekonomi Dari Negara-Negara Di Kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Alasan Terbentuknya ASEAN
Sebab-sebab Terbentuknya ASEAN adalah karena kelima negara tersebut mengalami nasib yang sama, yaitu pernah dijajah oleh negara lain, kecuali Thailand.

 

Persetujuan Bangkok tanggal 8 Agustus 1967 tersebut bertujuan membentuk organisasi kerjasama antar negara-negara Asia Tenggara yang tidak bersifat politis dan militer. Organisasi kerjasama itu disebut ASEAN.
ASEAN kepanjangannya Association of South East Asian Nation yang artinya “Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara”.

PELAJARI:  Sebutkan Bentuk-Bentuk Norma

Deklarasi Bangkok di tandatangani di kota Bangkok di Kerajaan Thailand oleh 5 Menteri Luar Negeri Negara Pendiri ASEAN, berikut ini adalah Negara & para Diplomat yang mewakili masing masing Negara :

 

1. Adam Malik
Adam Malik merupakan salah satu tokoh pendiri ASEAN yang saat itu menjabat sebagai menteri luar negeri Republik Indonesia. Negarawan kelahiran Pematang Siantar (Sumatera Utara), 22 Juli 1917 pernah menjabat sebagai wakil presiden Republik Indonesia pada masa orde baru yang saat itu presidennya adalah Soeharto. Beliau dikenal sebagai orang yang cerdas dan memiliki hobi baca buku.

2. Tun Abdul Razak
Tun Abdul Razak merupakan menteri luar negeri Malaysia (saat itu) yang menjadi salah satu tokoh pendiri organisasi internasional ASEAN. Negarawan Malaysia yang lahir pada 11 Maret 1922 ini dikenal cerdas, sejarah mencatat bahwa beliau pernah mengenyam pendidikan diluar Malaysia yaitu di Inggris. Karena jasanya kepada negara Malaysia, beliau diberi gelar Bapak Pembangunan Malaysia.

PELAJARI:  Konsep Pendapatan Nasional

3. Thanat Khoman
Tokon pendiri ASEAN yang tidak kalah peranannya adalah Thanat Khoman yang saat itu merupakan menteri luar negeri negara Thailand. Negarawan yang dikenal cerdas ini merupakan sedikit dari orang Thailand yang bergelar doktor dari universitas ternama di Prancis. Nama beliau sangat harus dimata masyarakat Thailand, dan puncak karir politiknya adalah Wakil Perdana Menteri Thailand.

4. Narciso Ramos
Narciso Ramos merupakan salah satu pendiri ASEAN yang saat itu merupakan menteri luar negeri negara Filipina. Masyarakat Filipina mengenalnya sebagai tokoh yang karismatik, beliau pernah menjabat sebagai diplomat, politikus, pengacara dan juga wartawan. Perlu kalian ketahui semuanya bahwa Narciso Ramos merupakan orang pertama yang memberikan sambutan dalam deklarasi tersebut.

PELAJARI:  Biografi Lengkap Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara

5. S. Rajaratnam
Tokoh pendiri ASEAN lainnya yang peranannya begitu besar adalah S. Rajaratnam yang merupakan perwakilan Singapura yang saat itu adalah menteri luar negeri negara Singapura. Negarawan Singapura kelahiran Sri Lanka ini dikenal sebagai politikus hebat Singapura dimana puncak karir politiknya adalah wakil Perdana Menteri Singapura yang pernah dijabatnya selama lima tahun (1980 – 1985).