Di Benua Manakah Letak Negara Brazil?

Loading...

ASTALOG.COM – Wilayah negara Brasil yang terletak di kawasan Amerika Selatan ini dikelilingi oleh wilayah negara-negara Uruguay, Paraguay, Bolivia, Peru, Kolombia, Venezuela, Guyana Inggris, Suriname, Guyana, serta Samudra Atlantik. Brasil merupakan negara terluas di Amerika Selatan. Batas-batas wilayah negara Brasil yaitu:

1. Bagian utara berbatasan dengan wilayah negara: Venezuela, Guyana Inggris, Suriname, Guyana, Kolombia, dan Samudra Atlantik.
2. Bagian selatan berbatasan dengan wilayah negara: Uruguay, Paraguay, dan Argentina.
3. Bagian timur berbatasan dengan wilayah negara: Kolombia dan Samudra Atlantik.
4. Bagian barat berbatasan dengan wilayah negara: Bolivia dan Peru.

Letak, Batas dan Luas
1. Letak Astronomis
Secara astronomis Negara Brasil Terletak diantara
5o LU – 34o LS dan antara 35o BB – 74o BB
Batas-batas Negara
a. Sebelah timur : berbatasan dengan Samudera Atlantik
b. SebelahBarat : berbatasan dengan Negara Peru dan Kolumbia
c. Sebelah utara : berbatasan dengan Samudera Atlantik
d. Sebelah selatan : berbatasan dengan Samudera Atlantik, Negara Uruguay, Paraguay, dan Bolivia.

Luas negara Brasil adalah 8.547.404 km2. Dibanding dengan luas negara Indonesia yang luasnya 1.906.240 km2. Berarti luas negara Brasil lebih luas dibandingkan dengan luas negara Indonesia.

Bentang Alam Negara Brasil
Kenampakan alam sebagian besar wilayah Negara Brasil berupa dataran tinggi dan lembah-lembah sungai. Wilayah ini terbentang dari garis Khatulistiwa sampai ke wilayah garis balik selatan.
Hampir separuh wilayah Brasil adalah Lembah Amazon yang panas. Lembah Amazon ini berupa bentangan hutan dan air yang amat luas. Daerah ini merupakan daerah yang paling jarang penduduknya.

a. Dataran Rendah
Daerah timur laut berupa daerah plato yang dikelilingi oleh dataran rendah pantai yang sempit. Daerah ini merupakan daerah yang panas dan sering terjadi kekeringan.

b. Dataran Tinggi
Dataran tinggi tengah merupakan daerah pusat pemukiman penduduk, daerah pertanian, industri, dan perdagangan. Di daerah inilah letak kota Rio De Janeiro dan Sao Paulo.

Penduduk Negara Brazil
Penduduk Negara Brasil berjumlah 184.101.110 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya 2,3% setiap tahunnya, sedangkan kepadatan penduduknya rata-rata 22 jiwa/km2 .

Penduduk Negara Brasil terdiri dari orang portugis (60%), Mestizo (26%), Afrika (9%), dan lain-lain (2%). Sebagian besar penduduk Negara Brasil tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan yang belum memuaskan. Kemiskinan dan kekurangan biji masih dialami oleh penduduk Negara Brasil terutama mereka yang tinggal di daerah pedalaman bagian tenggara.

Agama yang dianuta sebagian besar penduduk Brasil adalah Katholik (90%), sedangkan agama yang lainnya ialah protestan, yahudi, buddha, dan lain-lain. Bahasa persaruan yang dipergunakan ialah bahasa portugis (resmi) sedangkan bahasa lainnya ialah Inggris, Jerman, dan Italia.

Kebudayaan Brazil
Kebudayaan Brasil merupakan perpaduan dari budaya Portugis, India, dan Afrika. Musik dan tarian yang terkenal di Brasil adalah Tari Samba.

Bentuk Negara Brazil
Bentuk negara Brasil adalah federal yang terdiri atas 23 negara bagian, 3 daerah khusus, dan 1 distrik federasi. Sedangkan bentuk pemerintahannya adalah republik dengan kepala negara presiden.

Loading...